Pemkab Asmat Salurkan 5 BST ke 24 Distrik dan 224 Kampung

Selasa, 09 Juni 2020 - 10:08 WIB
loading...
Pemkab Asmat Salurkan 5 BST ke 24 Distrik dan 224 Kampung
Hari Kamis (11/6/2020) lusa, Pemerintah Kabupaten Asmat salurkan 5 bantuan sosial tunai (BST) untuk 24 distrik dan 224 kampung di Asmat.
A A A
AGATS - Hari Kamis (11/6/2020) lusa, Pemerintah Kabupaten Asmat salurkan 5 bantuan sosial tunai (BST) untuk 24 distrik dan 224 kampung di Asmat.

Demikian ditegaskan langsung oleh Bupati Asmat Elisa Kambu saat sosialiasi BST di Kampung Kamur Distrik Pantai Kasuari, Senin (8/6/2020).

Sosialisasi ini didampingi jajaran forkopimda, yakni Kapolres Asmat AKBP.Andi Yosep Enoch, Kadis Sosial Asmat Amir Makhmud, Kadis Pemkam Apsalamo Amiyaram serta tamu undangan lainnya.

5 Bansos ini di antarnya Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai Kemensos (BST Kemensos).Bantuan sosial tunai anggaran pendapatan daerah (BST APD) dan bantuan sosial tunai dana desa (BST DD).

Jumlah data keluarga penerima manfaat (PM) untuk empat BST yakni, PKH,BST Sembako,BST Kemensos dan BST APBD sebanyak 11.948 kepala keluarga (KK). "11.948 KK ini adalah jumlah penerima manfaat untuk empat bantuan diluar BST dana desa," ujar Elisa.

Hal ini karena Pemkab Asmat masih merampungkan data BST dana desa, tujuannya untuk memastikan masyarakat yang betul-betul tidak terdaftar dalam empat BST, yakni PKH, BST Sembako, BST Kemensos dan BST APBD.

Hal ini juga,karena BST dana desa tidak disalurkan langsung sekali,akan tetapi per-tiga tahap. Untuk tahap I, Kamis mendatang sebanyak 15%.Dan lanjut tahap II nantinya 15%, terakhir tahap III 10%. "Maka dari itu,hari kamis (11/6) untuk BST dana desa akan disalurkan hanya untuk tahap pertama saja," katanya.

Kelima BST ini, diperuntukan per-KK hanya mendapatkan satu program, tidak lebih dari itu. "Kelima program bantuan sosial ini semuanya berbentuk tunai. Sedikit beda pembayaran untuk penerima manfaat (PM) BST Sembako, sistemnya masyarakat mengambil uang dan belanjakan sembako sesuai kebutuhan masing-masing.

Lokasi penyaluran bantuan tersebut, dilokasikan di 6 titik distrik.Hal ini dikarenakan enam distrik tersebut ada Agen BRILink. Enam titik distik yaitu, distrik agats,distrik pantai kasuari,distrik fayit,distrik atsj,distrik suator dan distrik sawa erma

"Jadi keenam titik ini telah dijadwalkan agar seluruh warga kampung dan distrik yang bertetangga diharapkan menyesuaikan untuk mengambil haknya," jelasnya.

Penyaluran BST oleh Pemkab Asmat bekerjasama dengan Bank BRI, Bank Papua, Kantor Pos Asmat, dan tim setempat.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)