Anak Sungai Bengawan Solo Meluap, 4 Desa di Klaten Terendam Banjir

Jum'at, 17 Desember 2021 - 07:04 WIB
loading...
Anak Sungai Bengawan Solo Meluap, 4 Desa di Klaten Terendam Banjir
Rumah warga terendam banjir akibat luapan anak Sungai Bengawan Solo, di Klaten. Sedikitnya 4 desa di dua kecamatan terendam banjir. Foto: iNewsTV/Saeful Efendi
A A A
KLATEN - Sungai Buntung anak Sungai Bengawan Solo , di Klaten , Jawa Tengah meluap hingga mengakibatkan 4 desa di 2 kecamatan terendam banjir . Warga terutama lansia pun mengungsi di balai desa.

Sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas di jalan penghubung Kecamatan Juwiring dan Wonosari, Klaten tepatnya di Desa Carikan Juwiring harus berjalan melambat menyusul jalan penghubung 2 kecamatan terendam banjir.

Anak Sungai Bengawan Solo Meluap, 4 Desa di Klaten Terendam Banjir


Tingginya air membuat para pengendara sepeda motor sebagian macet akibat mesin terkena air banjir, banjir ini disebabkan hujan deras selama hampir 1,5 jam yang terjadi sejak Kamis petang (16/12/2021).

Petugas pun terpaksa mengalihkan jalur penghubung dua kecamatan tersebut untuk menghindari kemacetan lalu lintas. “Kami terpaksa mengalihkan jalur untuk menghindari kemacetan yang lebih parah,” kata anggota Polsek Juwiring, Brigpol R Arif.

Selain merendam jalan raya, banjir juga merendam ratusan rumah di 4 desa di 2 Kecamatan Juwiring dan Wonosari seperti Desa Taji, Carikan, Kingkang dan Gunting. Kondisi terparah terjadi di Desa Carikan di mana ketinggian air mencapai 1 meter lebih.



“Warga terutama wanita lansia dan anak anak sebagian memilih mengungsi ke tempat yang aman seperti di kantor Desa Carikan dan rumah perangkat desa setempat,” ujar Yulianto, Kasi Trantib Kecamatan Juwiring.

Hingga Kamis malam (16/12/2021), petugas gabungan TNI Polri dan relawan juga sudah bersiap di sejumlah posko untuk mengantisipasi banjir susulan.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5984 seconds (0.1#10.140)