Hore! Akses Jalan Tol ke Bandara Kertajati Beroperasi Mulai 20 Desember

Kamis, 16 Desember 2021 - 14:13 WIB
loading...
Hore! Akses Jalan Tol ke Bandara Kertajati Beroperasi Mulai 20 Desember
Akses jalan tol ke Bandara Kertajati, Majalangke mulai beroperasi pada 20 Desember. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Jalan tol akses ke Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dari ruas tol Cipali bakal beroperasi dan diresmikan 20 Desember 2021. Hal itu seiring dengan sudah keluarnya izin operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setelah diresmikan, tol akses Bandara Kertajati itu langsung bisa digunakan pengguna jalan.


"Izin operasi dan pengenaan tarifnya sudah keluar dari Kemen PUPR. Akan diresmikan tanggal 20 Desember dan langsung dioperasikan juga. Jadi, di tanggal 20 Desember itu, setelah diresmikan langsung bisa digunakan," kata Dept Head Transaksi ASTRA Tol Cipali, Andre Yulianto, Kamis (16/12/2021).

Dia menjelaskan, selain pekerjaan yang sudah rampung di tol akses BIJB itu sudah dilengkapi dengan rambu-rambu yang dibutuhkan. Sama seperti Tol Cipali dari Cikopo (Purwakarta) ke Palimanan (Cirebon), akses BIJB juga sudah dilengkapi dengan CCTV.

"Panjangnya 3,8 kilometer. Di jalur itu juga sudah dilengkapi CCTV, ada 4 CCTV di sepanjang tol akses BIJB itu. Jadi semuanya sudah siap 100 persen," ujarnya.



Lebih jauh dijelaskan Andre, dengan beroperasinya tol akses BIJB, nantinya akan ada pilihan ketika pengguna akan keluar dari GT Kertajati. Apalagi, tahun lalu jalan Arteri di dekat GT Kertajati sempat terendam banjir yang tidak bisa dilalui kendaraan kecil.



"Jadi ketika kejadian (banjir) lagi, pengguna bisa pakai tol akses BIJB ini dan keluar di BIJB. Karena kami kan nggak bisa melakukan penanganan banjir di jalan Arteri. Kalau banjir di jalur tol, kami sudah lakukan penanganan," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2886 seconds (0.1#10.140)