ITS Masuk 40 Kampus Terbaik Dunia dalam UI Greenmetric Rankings

Kamis, 16 Desember 2021 - 05:17 WIB
loading...
ITS Masuk 40 Kampus Terbaik Dunia dalam UI Greenmetric Rankings
Kampus ITS. Foto: Istimewa
A A A
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih posisi empat besar Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik versi UI Greenmetric World University Rankings 2021.

Dari 97 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan, ITS berhasil naik satu peringkat dibanding tahun sebelumnya. Prestasi ini sekaligus memposisikan ITS pada peringkat 40 di tingkat internasional yang melibatkan 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia, naik 21 peringkat dibanding tahun lalu.

UI GreenMetric sendiri merupakan pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia usungan Universitas Indonesia (UI) yang menitikberatkan penilaian pada komitmen pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan di kampus.



Pada UI Greenmetric 2021 ini, terdapat 39 indikator yang terbagi dalam enam kriteria terkait lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial.

Enam kriteria tersebut ialah Penataan dan Infrastruktur dengan persentase poin 15 persen, Energi dan Perubahan Iklim dengan persentase poin 21 persen, Air dengan persentase poin 10 persen, dan juga Limbah, Transportasi, serta Pendidikan dan Penelitian (ED) yang sama-sama memiliki persentase poin 18 persen.

Dari enam kriteria tersebut, ITS menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan pada kriteria Energi dan Perubahan Iklim serta Penataan dan Infrastruktur.



Susi Agustina Wilujeng, Ketua Unit Pengembangan Smart Eco Campus ITS menuturkan, ITS meraih skor 1.500 pada kriteria Energi dan Perubahan Iklim, serta 1.225 pada kriteria Penataan dan Infrasturuktur.

“Pada kriteria penataan dan infrastruktur, kita mengalami peningkatan 275 poin,” katanya, Rabu (15/12/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4093 seconds (0.1#10.140)