Mau Naik Pesawat dari Husein Sastranegara Bandung? Ini Syaratnya

Senin, 08 Juni 2020 - 16:55 WIB
loading...
Mau Naik Pesawat dari Husein Sastranegara Bandung? Ini Syaratnya
Pemeriksaan protokol kesehatan di pintu masuk Bandara Husein Sastranegara. Foto: SINDOnews/arif budianto
A A A
BANDUNG - PT Angkasa Pura II Husein Sastranegara Bandung membuka seluas luasnya bagi maskapai domestik yang akan melayani penebangan dari dan menuju Bandung, sebagai tindak lanjut dari SE 07 Gugus Tugas COVID-19 atas aktivitas normal terbatas.

Saat ini, baru maskapai Wings Air yang telah melayani penerbangan dari dan ke Husein Sastranegara ke beberapa wilayah di Indonesia. Sementara lainnya seperti Citilink, Garuda Indonesia, Malindo Air, Nam Air, dan lainnya belum mengajukan operasional terbang.

Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Husein Sastranegara Bandung Iwan Winaya Mahdar mengatakan, berdasarkan SE 07, calon penumpang yang akan menggunakan pesawat hanya perlu membawa dua persyaratan penting. Di mana, calon penumpang hanya perlu menunjukkan tiket dan surat keterangan bebas COVID-19.

"Memang masih ada persyaratan. Tetapi selain tiket, penumpang cukup menunjukan surat bebas COVID 19. Tidak perlu lagi surat perjalanan dinas, seperti syarat sebelumnya," kata Iwan, Senin (8/6/2020).

(Baca: Penumpang Sepi, Baru Wings Air yang Terbang dari Husein Sastranegara)

Untuk surat bebas Corona, penumpang harus menujukkan hasil tes negatif COVID-19 berdasarkan tes swab atau PCR yang berlaku tujuh hari. Sedangkan untuk surat negatif corona dari rapid test, berlaku tiga hari. Calon Penumpang juga tidak menunjukan gejala sakit, seperti demam tinggi.

"Setelah terbitnya SE 07 ini, kami optimistis maskapai akan menggeliat, tapi memang terbatas. Karena tes kesehatan ada biayanya. Jadi tergantung masyarakat. Kalau memang sangat penting untuk terbang, mereka bikin. Tapi kalau untuk keperluan pribadi mungkin belum," beber dia.

AP, lanjut dia, pada pronsipnya sangat mendukung pemerintah dalam rangka pencegahan COVID-19. Hal itu diwujudkan di antaranya melalui imbauan-imbauan serta penerapan protokol kesehatan secara ketat di bandara.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9361 seconds (0.1#10.140)