Banjir Lahar Kembali Mengancam, Warga Sekitar Gunung Semeru Dievakuasi

Minggu, 05 Desember 2021 - 22:25 WIB
loading...
Banjir Lahar Kembali Mengancam, Warga Sekitar Gunung Semeru Dievakuasi
Petugas mengevakuasi warga yang masih berdiam di rumahnya di sekitar Gunung Semeru, menyusul tingginya intensitas hujan di wilayah itu. Foto: Istimewa
A A A
LUMAJANG - Petugas gabungan dari berbagai unsur mengevakuasi warga di sekitar Gunung Semeru menyusul hujan dengan intensitas tinggi diprediksi bakal terjadi di kawasan tersebut, Minggu (5/12/2021).

Kondisi tersebut dikhawatiran akan terjadinya banjir lahar. Petugas gabungan itu terdiri dari BPBD, TNI, Polri, dan tim SAR.



Pantauan video di lapangan, para petugas melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru. Orang tua dan anak-anak tampak digotong menuju kendaraan milik warga dan petugas. Suara sirine kendaraan juga tampak terus berbunyi, mengiringi evakuasi warga.

Para petugas tampak dengan sigap mengevakuasi warga yang masih ada di dalam rumah. Sementara beberapa warga lainnya tampak mulai berlarian dan turun menggunakan sepeda motor atau mobil.



"Lahar turun, kami disuruh mengevakuasi diri," kata salah seorang warga. Dia pun menyebut jika lahar mulai turun, sehingga warga diperintahkan agar segera meninggalkan rumah.

Diketahui, BMKG memprediksi hari ini terjadi hujan sedang sampai lebat di sekitar Gunung Semeru. Hujan diperkirakan bisa mengakibatkan banjir lahar. Arif budianto

Petugas mengevakuasi warga yang masih berdiam di rumahnya di sekitar Gunung Semeru, menyusul tingginya intensitas hujan di wilayah itu.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)