Erupsi Gunung Semeru, BNPB Siapkan Titik Pengungsian Sektoral di Lapangan Kamarkajang

Minggu, 05 Desember 2021 - 07:50 WIB
loading...
Erupsi Gunung Semeru, BNPB Siapkan Titik Pengungsian Sektoral di Lapangan Kamarkajang
Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers virtual terkait erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) malam. Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah menyiapkan titik pengungsian sektoral pascaerupsi Gunung Semeru , Sabtu (4/12/2021).

Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto mengatakan, melalui Badan Penanggulangn Bencan Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, pihaknya tengah berupaya mendirikan titik pengungsian sektoral.

baca juga: PVMBG: Gunung Semeru Masih Berpotensi Keluarkan Awan Panas dan Lontaran Batuan Pijar

"Titik pengungsian sektoral tengah didirikan di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," kata Suharyanto dalam konferensi pers virtual terkait erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) malam.

Adapun lokasi pengungsian yang saat ini ada dan sudah terisi pengungsi, kata Suharyanto, berada di tiga desa dan dua kecamatan. "Yaitu di Desa Supit Purang dan Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumber Wuluh di Kecamatan Candipuro," sebutnya.

Suharyanto melanjutkan, pihaknya juga sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang dan Provinsi Jawa Timur.





"Kami bergerak bersama dengan unsur Kementerian Kesehatan, malam ini bergerak lewat darat dan membawa logistik selimut, makanan siap saji, terpal, matras, dan logistik dasar lainnya," katanya.

Suharyanto juga mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dia dan tim BNPB akan segera meluncur ke Lumajang, Minggu (5/12/2021) pagi untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi, agar berjalan cepat dan tepat serta kebutuhan pengungsi terdukung maksimal.

"Lalu kami juga sudah berkoordinasi dan berkirim surat ke Panglima TNI untuk bantuan personel dan peralatan," katanya.

Suharyanto juga mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat terdampak erupsi untuk tetap tenang dan waspada serta terus mengikuti informasi dari pemerintah.

"Jangan termakan isu hoaks dan menyesatkan. Yakinlah pemerintah pusat, daerah, TNI, dan seluruh komponen lainnya serius dan konsisten untuk membantu masyarakat terdampak," katanya.
(msd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1744 seconds (10.177#12.26)