Tinjau PSBB Bandung Raya, Kapolda: Bisa Berhasil Jika Ada Dukungan Masyarakat

Rabu, 22 April 2020 - 20:51 WIB
loading...
Tinjau PSBB Bandung Raya, Kapolda: Bisa Berhasil Jika Ada Dukungan Masyarakat
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi meninjau pelaksanaan PSBB di check point Pasteur. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memantau pelaksanaan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Bandung Raya, Rabu (22/4/2020).

Dalam kegiatan itu, Kapolda meninjau check point gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung; Kebon Kopi, Kota Cimahi; gerbang Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat; Margahayu underpass Tol Kopo, Kabupaten Bandung; dan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Pengecekan check point dilaksanakan untuk memastikan penerapan PSBB Bandung Raya plus Sumedang dapat berjalan tepat sasaran dan maksimal. (BACA JUGA: Hari Pertama PSBB, Warga Kota Cimahi Masih Penuhi Jalanan )

Di setiap pos pemeriksaan atau check point tersebut personel gabungan mengecek warga baik yang mengendarai motor maupun mobil yang masuk ke Kota Bandung. Petugas memeriksa suhu tubuh, penggunaan masker, dan posisi duduk dalam kendaraan.

Sebelum diberikan blangko teguran, petugas lebih mengedepankan imbauansesuai peraturan wali kota (perwal) dan peraturan bupati (perbup) tentang PSBB. (BACA JUGA: Polrestabes Bandung Catat Ribuan Warga Langgar PSBB di Hari Pertama )

"Seluruh jajaran di wilayah Bandung raya dan Sumedang siap melaksanakan PSBB yang dimulai Rabu 22 April hingga 5 Mei 2020. PSBB bertujuan untuk mencegah penularan virus Corona atau (Covid-19). Kebijakan ini bisa berhasil jika ada dukungan dari masyarakat dengan menaati aturan," kata Rudy.

Diketahui, sebanyak 4.494 personel gabungan Polri, TNI, Satpol PP, dinas perhubungan, dan dinas kesehatan, mengamankan pelaksanaan PSBB Bandung Raya plus Sumedang. (BACA JUGA: 4.494 Personel Kawal PSBB Bandung Raya Plus Sumedang di 97 Titik Pantau )

Ribuan personel itu disebar di 97 check point dan pusat keramaian di lima wilayah yang menerapkan PSBB, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Jumlah personel gabungan Polrestabes Bandung 2.590, terdiri atas 1.500 lebih personel Polri, 300 TNi, dan selebihnya instansi terkait. Mereka disebar di 19 titik check point, batas kota 4 titik, gerbang tol 5, dan dalam kota 10.

Polresta Bandung 480 personel dan 16 titik check point. Polres Sumedang 1.134 personel dan 36 titik post check point yang terdiri atas batas kabupaten 7 titik, zona merah 3 titik, dan check point biasa 26 titik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)