Masyarakat Wonosobo Antusias Hadirkan Pelayanan Edukasi Pra Nikah Gratis

Sabtu, 20 November 2021 - 18:29 WIB
loading...
Masyarakat Wonosobo Antusias Hadirkan Pelayanan Edukasi Pra Nikah Gratis
Edukasi pra nikah di Wonosobo. Foto: Istimewa/MPI
A A A
JAKARTA - Masyarakat pedesaan merupakan salah satu masyarakat yang paling rentan terhadap akses pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

Selain adanya keterbatasan informasi, edukasi dan juga sarana kesehatan, kondisi pandemi semakin memperparah hal tersebut dikarenakan akses pelayanan kontrasepsi di fasilitas kesehatan termasuk klinik KB juga terdampak.

Disisi lain, tak jarang akseptor yang juga takut dan enggan untuk datang ke klinik kesehatan dan melakukan KB. Sementara masyarakat pedesaan selama ini masih jarang tersentuh dengan edukasi terkait keluarga berencana dan pra nikah.



Karenanya, untuk mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam program KB, Andalan Kontrasepsi menyelenggarakan program “Kampoeng Andalan”, sebuah sosialisasi program Keluarga Berencana kepada masyarakat umum dari desa ke desa dengan melibatkan tenaga kesehatan.

Hasilnya, kegiatan ini pun disambut secara antusias oleh masyarakat setempat. Baik pria maupun wanita dengan status pernikahan single atau sudah menikah, mereka dengan serius menyimak edukasi yang diberikan oleh pembicara.



Sunarni (24) yang juga menghadiri kegiatan ini guna memahami pentingnya keluarga berencana. Pengantin yang belum lama menikah ini mengaku belum pernah mendapatkan edukasi mengenai pentingnya kesiapan mental dan juga finansial sebelum memiliki anak.

"Iya datang karena penasaran. Biar pas punya anak bisa lebih siap mental dan finansial," katanya, Sabtu (20/11/2021).



Kegiatan yang diadakan di Wonosobo, Jawa Tengah ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Drg. Widwiono, Kepala Dinas PPKBPPPA, Ibu Bupati Wonosobo Dr. RM Okie Hapsoro Binanda Putra, Marketing Manager DKT Indonesia Cut Vellayati, Brand Manager Andalan Kontrasepsi Apt. Rony Syamson S.Farm, petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan warga umum.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)