Kunjungi Kota Cirebon, KPK Soroti Tapping Box di Sektor Usaha

Sabtu, 20 November 2021 - 03:12 WIB
loading...
Kunjungi Kota Cirebon, KPK Soroti Tapping Box di Sektor Usaha
KPK soroti tapping bos sektor usaha di Kota Cirebon, Jawa Barat.Foto/dok
A A A
CIREBON - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengunjungi Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021). Dalam kunjungannya, KPK menyoroti tapping box daerah usaha.

Tapping box adalah alat yang dipasang di restoran yang merupakan wajib pajak untuk merekam catatan transaksi. KPK juga meminta agar seluruh pelaku usaha menggunakan alat perekam catatan transaksi atau tapping box.

Kasatgas Direktorat Korsub Wilayah II, Dwi Aprilia Linda, menyampaikan, dari kunjungan lapangan di dua lokasi, Pemerintah Daerah Kota Cirebon perlu menambah alat rekam pajak. "Hari ini kami ingin memastikan, bahwa upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Cirebon dalam rangka peningkatan pajak didukung oleh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Tawuran Berdarah Pecah di Sukabumi, Pelajar 3 SMK Saling Bacok di Tengah Jalan

Dikatakannya lebih lanjut, untuk penambahan alat rekam pajak ini, ketersediaan alat tersebut tidak diharuskan membeli melainkan melalui rekomendasi ke Bank BJB.

"Kami di sini ingin memastikan dari alatnya ada, pemda ga perlu beli, karena uang Pemda bisa kami tempatkan ke Bank BJB saja, selanjutnya Bank BJB memberikan bantuan alat rekam pajak, kami kesini untuk memastikan alat itu ada dan alat itu aktif," ucapnya.

Kemudian, lanjut Dwi, peran pelaku usaha dalam kunjungannya kali ini yaitu untuk memastikan seluruh pelaku usaha wajib bayar pajak yang harus disampaikan ke pemerintah daerah dan wajib disetorkan.

Baca juga: 8 Narapidana Narkoba di Jawa Barat Divonis Mati

"Pengusaha peran nya ini wajib pungut pajak, dia hanya dititipkan oleh konsumen, konsumen yang makan atau membeli dikenakan pajak 10 persen adalah hak pemerintah daerah," katanya.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk patuh membayar pajak dan sama-sama mengawasi. "Kalau pajaknya tidak masuk ke Pemkot, ya sia-sia saja, alat-alat pembantuan tapping box perlu diadakan agar bisa melakukan penambahan alat rekam pajak, " jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)