Valencya Dituntut 1 Tahun Gegara Marahi Suami Mabuk, Rieke Dorong Pembuktian Terbalik

Kamis, 18 November 2021 - 16:45 WIB
loading...
Valencya Dituntut 1 Tahun Gegara Marahi Suami Mabuk, Rieke Dorong Pembuktian Terbalik
Rieke Diah Pitaloka menemui Valencya terdakwa yang dituntut 1 tahun lantaran memarahi suaminya yang mabuk di Sekretariat PWI Karawang, Kamis (18/11/2021). Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Penanganan perkara KDRT dengan terdakwa Valencya yang dituntut 1 tahun penjara didorong menggunakan pembuktian terbalik agar tidak terjadi transaksional. Valencya seharusnya menjadi korban korban bukan malah sebagai terdakwa.

Apalagi Valencya dituntut oleh jaksa karena memarahi suaminya yang mabuk. "Saya minta pembuktian terbalik. Ada tidak transaksional dalam perkara ini. Saya bukan menuduh, tapi demi perbaikan peradilan di negeri ini," kata anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka saat menemui Valencya di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang, Kamis (18/11/2021).


Rieke mengaku sengaja datang ke Karawang setelah mendengar kasus hukum yang dialami Valencya. Dia ingin memberikan dukungan moral terhadap Valencya agar kuat menghadapi persidangan.

"Saya akan dampingi bu Valencya dipersidangan sampai selesai masalah ini. Valencya tidak sendiri masyarakat yang peduli dengan keadilan mendukung Valencya," ujarnya.



Menurut Rieke, kasus hukum Valencya menarik perhatian masyarakat karena diperlakukan tidak adil. Oleh karena iti dia selain meminta aparat penegak hukum melakukan pembuktian terbalik, Rieke juga akan menggalang petisi untuk mendukung Valencya.

"Saya kira Bu Valencya itu korban bukan terdakwa. Dia yang mencari nafkah tapi dia yang selalu disudutkan mantan suaminya," katanya.



Rieke mengatakan, dalam perkara ini dirinya sudah tidak bisa bicara hukum normal. Sebab, perjalanan hukumnya sendiri sudah tidak normal. "Kita gunakan gerakan publik saja, salah satunya dengan melakukan petisi," tegasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)