Ruas Jalan Banyak Tergenang Banjir Walhi Minta Pemkot Palembang Tambah Kolam Retensi

Kamis, 18 November 2021 - 10:29 WIB
loading...
Ruas Jalan Banyak Tergenang Banjir Walhi Minta Pemkot Palembang Tambah Kolam Retensi
Pemkot Palembang, didesak segera menambah kolam retensi menyusul masih banyaknya titik ruas jalan yang tergenang banjir. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
PALEMBANG - Ruas jalan di Kota Palembang, masih banyak yang tergenang banjir dengan ketinggian beragam. Genangan banjir terjadi saat hujan turun. Pemkot Palembang, didesak segera menambah kolam retensi untuk mengatasi banjir tersebut.



Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Provinsi Sumatera Selatan, Hairul Sobri mengatakan, kolam retensi yang ada sekarang ini dinilai belum mampu menampung air ketika turun hujan lebat lebih dari satu jam. "Hujan satu jam saja, sejumlah kawasan permukiman penduduk dan jalan protokol di Palembang, langsung banjir, " ujar Sobri, Kamis (18/11/2021).



Menurutnya, setiap musim hujan, Palembang selalu mengalami masalah klasik yakni banjir. Untuk itu selain menambah kolam retensi untuk menampung luapan air hujan, diperlukan juga perbaikan saluran air dan normalisasi sungai.



"Penyimpangan tata ruang yang disebabkan penimbunan rawa secara leluasa untuk kepentingan pembangunan hotel, mal, ruko, perumahan dan pembangunan lainnya harus dihentikan, karena jika terus berlangsung bisa menimbulkan bencana ekologi yang lebih parah," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, pihaknya terus berupaya mengatasi banjir antara lain dengan akan menambah kolam retensi. "Tahun ini kita melakukan pembebasan lahan untuk kolam retensi seluas empat hektare di kawasan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami. Sekarang dalam proses pembuatan DED-nya, diharapkan tahun depan bisa dimulai pembangunannya," ujarnya.



Untuk pembuatan satu kolam retensi setidaknya membutuhkan dana yang cukup besar berkisar yakni sekitar Rp20-40 miliar, sehingga pembangunannya dilakukan bertahap. "Kolam retensi termasuk yang paling prioritas karena jika sudah dibangun nantinya bisa mengatasi banjir yang ada di kawasan Jalan HBR Motik, Kolonel Burlian, terminal Damri, Jalan Perindustrian, Kebun Bunga, Asrama Haji, dan akses jalan ke Bandara SMB II Palembang," ungkapnya.

Diketahui, saat ini Kota Palembang memiliki 46 kolam retensi. Namun jumlah tersebut belum bisa dikatakan ideal. Setidaknya, ibu kota Sumsel tersebut membutuhkan 77 kolam retensi agar permasalahan banjir bisa teratasi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)