Bupati Klungkung Tandatangani MoU dengan Pemerintah Kanada

Jum'at, 05 Juni 2020 - 21:22 WIB
loading...
Bupati Klungkung Tandatangani MoU dengan Pemerintah Kanada
Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta saat penandatanganan kerja sama melalui konferensi video dengan Pemerintah Kanada, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Jumat (5/6/2020). Foto/Ist
A A A
KLUNGKUNG - Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta menghadiri konferensi video Workshop Koordinasi Pemerintah Nasional dan Kabupaten untuk Kick Off pada 6 Kawasan RIF tahap Ketiga di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung , Kamis (4/6/2020).

Bupati Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menandatangani nota kesepahaman atau (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pemerintah Kanada terkait peluncuran Program Dana Inovasi Responsif atau Responsive Innovation Fund (RIF) Tahap Ketiga. Pada kesempatan itu, Bupati Suwirta mempresentasikan Inovasi Rumah Keong.(Baca Juga: Bupati Klungkung Bantu Warga yang Diisolasi)

"Inovasi Rumah Keong akan disinergikan dengan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Nusa Penida. Saya ingin inovasi Rumah Keong akan dijadikan sebagai cinderamata meliputi, rumput laut, Poh Nusa (buah manga Nusa Penida), kelapa, dan singkong," tutur Bupati Suwirta dalam keterangannya.

Program Dana Inovasi Responsif atau Responsive Innovation Fund (RIF) Tahap Ketiga merupakan Proyek National Support for Local Investment Climates/National/Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED). NSLIC adalah kerja sama kemitraan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) berupa dana hibah yang disediakan untuk membantu pemerintah daerah dan/atau lembaga lokal untuk mengembangkan cara-cara baru (inovasi) dalam melakukan pekerjaan dan meningkatkan kinerja mereka, yang pada akhirnya memberikan manfaat kepada masyarakat.

Bupati Suwirta berharap Program RIF dapat membantu Inovasi Rumah Keong. "Program RIF ini bisa memberikan pelatihan dan teknik pemasaran terhadap UMKM di sekitar Nusa Penida. Semakin cepat terlaksana maka, pemberdayaan terhadap masyarakat bisa segera terwujud. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Klungkung dengan cara meningkatkan pendapatan dengan memaksimalkan potensi wilayah kecamatan Nusa Penida," papar Bupati Suwirta.(Baca Juga: Kabupaten Klungkung Disiapkan Sebagai Pusat Kebudayaan Bali)

Bupati Suwirta berharap kerja sama yang berkelanjutan dengan pemerintah Kanada. "Terima kasih atas dukungan yang diberikan, kami akan kawal langsung inovasi dan program ini sehingga dapat terbentuk kerjasama yang baik antara pemerintah Kanada dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung ," ujar Bupati Suwirta.
(rhs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)