Sambut Menlu Inggris di Bogor, Ridwan Kamil Sajikan Es Cendol Elizabeth

Sabtu, 13 November 2021 - 07:34 WIB
loading...
Sambut Menlu Inggris di Bogor, Ridwan Kamil Sajikan Es Cendol Elizabeth
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menikmati cendol elizabeth bersama Menlu Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat (12/11/2021). Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BOGOR - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat (12/11/2021). Dalam kesempatan itu, Gubernur Jabar menyiapkan sajian istimewa sekaligus unik dan menarik bagi sang Menlu, yakni Es Cendol Elizabeth.

"Kami sangat berbangga dan dapat kehormatan kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss dan yang paling istimewa beliau senang sekali meminum cendol, itu yang utama. Ternyata ada Es Cendol Elizabeth yang terkenal di Jabar dan nama beliau adalah Elizabeth," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Elizabeth memang menjadi nama yang umum di Britania Raya. Nama itu juga menjadi nama Ratu Inggris. Diplomasi bilateral dengan jajanan khas Jabar tersebut ternyata menjadikan obrolan antara kedua belah pihak pun lebih cair.

Selepas pertemuan, Kang Emil juga mengungkapkan keinginan Menlu Inggris, agar Jabar membuka restoran di London dengan sajian menu Es Cendol. "Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London, ada cendolnya lah, itu tentang diplomasi cendolnya," ungkapnya.

Diplomasi seperti itu memang kerap dilakukan Kang Emil . Sebelum Es Cendol Elizabeth, kopi kerap dipakai Kang Emil dalam berbagai kunjungan kerja ke luar negeri sebelum pandemi, bahkan hingga kini melalui pertemuan virtual.

Diplomasi kopi efektif menggaet kerja sama bisnis, budaya, dan pemerintahan. Pada Februari 2020, Kang Emil meluncurkan Kafe Jabarno di 555 Flinders Lane, Kota Melbourne, negara bagian Victoria, Australia.

Bahkan, pada Mei 2021 lalu, Kang Emil juga sukses menjadikan batik sebagai alat diplomasi yang efektif ketika menyatukan Indonesia dan Korea Selatan di mana artis K-Pop Leetuk dan Yeesung Super Junior berpose mengenakan batik rancangan Ridwan Kamil dan membuat ramai pemberitaan di kedua negara.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9984 seconds (0.1#10.140)