Ngeri! 2 Bulan 262 Begal Jalanan Diringkus Polda Jatim dan Polres Jajaran

Kamis, 11 November 2021 - 11:20 WIB
loading...
Ngeri! 2 Bulan 262 Begal Jalanan Diringkus Polda Jatim dan Polres Jajaran
Ratusan tersangka kasus kejahatan jalanan saat diamankan di Mapolda Jatim. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Aksi penjahat jalanan di berbagai kota dan kabupaten di Jatim, masih mengkhawatirkan. Buktinya, selama Oktober-November 2021, Polda Jawa Timur (Jatim) berhasil menangkap 262 pelaku kejahatan jalanan.



Rinciannya, kasus pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak 127 tersangka, pencurian dengan kekerasan (curas) 51 tersangka, dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) 84 tersangka.



Wakapolda Jatim, Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan, kasus tersebut merupakan hasil pengungkapan Subdit III Jatanras Ditreskrimum, dan Tim Opsnal Satreskrim Polres jajaran Polda Jatim. "Kasus yang paling menonjol adalah curat dengan 127 tersangka," katanya.



Untuk kasus Curas, kata dia, biasanya para tersangka menjambret tas milik korban yang sedang mengendarai sepeda motor dengan menodongkan senjata tajam. Tersangka pun tak segan-segan melukai korbannya jika melakukan perlawanan. "Kalau kasus curat, biasanya, tersangka merusak pintu atau jendela rumah atau gudang milik korban," imbuhnya.

Dengan banyaknya kasus tersebut, Polda Jatim akan melakukan upaya maksimal dengan mengerahkan semua sumber daya yang ada. Baik di tingkat Polda melalui Timsus 3C Subdit III Jatanras, maupun tingkat Polres melalui Tim Opsnal atau Tim Buser Satreskrim jajaran Polda Jatim. "Kami akan melakukan penegakkan hukum secara tegas dan terukur kepada para pelaku kejahatan curas, curat dan curanmor," tandas Slamet.



Pada konferensi pers yang digelar di Gedung Mahameru ini, Polda Jatim menyerahkan tiga unit kendaraan roda empat dan satu unit sepeda motor kepada pemiliknya (korban) kasus curanmor yang beraksi di wilayah Lumajang, Banyuwangi, Jember, Sidoarjo, dan Surabaya.

Hasanudin, warga Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menyebutkan, mobilnya hilang sekitar satu bulan lalu di Jember. Dia baru mendapatkan informasi kalau mobilnya sudah ditemukan di pintu keluar tol Japanan.

Saat itu mobil diparkir di depan rumah pukul 17.00 WIB, namun pada pukul 03.00 WIB dini hari sudan tidak ada. "Saya ucapkan terima kasih Polda Jatim dan anggota Jatanras, yang telah menangkap pelaku pencuri mobil saya. Mobil saya juga sudah dikembalikan," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3076 seconds (0.1#10.140)