8 Tahun Pimpin Parepare Sukses Majukan Olahraga, Wali Kota Parepare Bakal Dianugerahi Golden Award

Rabu, 10 November 2021 - 15:36 WIB
loading...
8 Tahun Pimpin Parepare Sukses Majukan Olahraga, Wali Kota Parepare Bakal Dianugerahi Golden Award
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Parepare bersama para anggota Pengcab olahraga sepakat mengusulkan Taufan Pawe menjadi penerima penghargaan Golden Award.
A A A
KOTA PAREPARE - Delapan tahun memimpin Kota Parepare, Wali Kota M Taufan Pawe sukses menjadikan olahraga Parepare maju terdepan tidak hanya di Provinsi Sulawesi Selatan, tapi juga nasional. Olahraga Parepare yang sebelumnya kurang diperhitungkan di berbagai level, langsung melejit menjadi salah satu kekuatan di Sulsel, setelah Taufan Pawe menjadi Wali Kota.

Resmi menahkodai Parepare pada periode pertamanya 2013, hanya butuh satu tahun, Taufan Pawe membuat Parepare masuk dalam level 6 besar Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulsel 2014 di Kabupaten Bantaeng. Parepare langsung berada di peringkat 6 pada Porda saat itu, jauh meningkat dibanding Porda 2010 sebelumnya di Pangkep, yang hanya peringkat 16 dari 24 Kabupaten Kota di Sulsel.

Peringkat itu terus diperbaiki pada Porda 2018 di Pinrang, yang naik peringkat 5 sesuai target. Tahun itu bertepatan dengan periode kedua kepemimpinan Taufan Pawe di Parepare. Kini bertepatan dengan 8 tahun kepemimpinan Taufan Pawe pada 2021, prestasi Porda, sekarang berubah menjadi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada 2022 nanti, tampaknya bakal terus meningkat menyusul banyaknya cabang olahraga atlet Parepare yang memastikan lolos ke Porprov 2022.

Itu belum ditambah prestasi nasional sejumlah atlet Parepare. Beberapa di antaranya menjadi kontingen Sulsel di PON 2021 Papua, seperti dari cabang sepak bola, futsal, dan bulu tangkis. Prestasi olahraga ini sejalan dengan besarnya perhatian anggaran selama kepemimpinan Taufan Pawe. Setiap tahun dana hibah dari Pemko Parepare yang disalurkan ke setiap cabang olahraga melalui KONI terus meningkat secara signifikan.

Prestasi olahraga ini ikut ditunjang dengan besarnya perhatian untuk sarana dan prasarana olahraga selama kepemimpinan Taufan Pawe. Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) direhabilitasi agar memenuhi standar nasional. Tim sepak bola elite nasional PSM Makassar pun bahkan siap menjadikan Stadion GBH sebagai markasnya.

Belum lagi Gedung Olahraga (GOR) Lompoe yang representatif dibangun Pemko Parepare untuk mendorong peningkatan prestasi olahraga. Hasilnya, belum lama ini tim tenis meja Parepare menjadi juara umum Kejuaraan Pra Porprov Sulsel di GOR Lompoe, sekaligus memastikan lolos ke Porprov 2022. GOR ini juga akan menjadi venue kejuaraan tinju amatir Pra Porprov Sulsel Piala Wali Kota Parepare pada 14 November 2021. Itu masih ditambah sarana dan prasarana olahraga memadai lainnya.

Atas kemajuan dan prestasi olahraga itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Parepare bersama para anggota Pengcab olahraga sepakat mengusulkan Taufan Pawe menjadi penerima penghargaan Golden Award. Anugerah Golden Award ini menjadi sejarah baru, karena pertama kalinya KONI daerah memberikan penghargaan kepada kepala daerah.

Hal tersebut diungkap Ketua KONI Parepare Parman Farid di sela Rapat Anggota Tahunan KONI Parepare di Restoran Dinasty, Parepare, Sabtu (6/11/2021). “Atas penilaian obyektif dan dorongan masyarakat, kami pimpinan dan seluruh pengurus KONI Parepare sepakat memberikan apresiasi penghargaan berupa Golden Award kepada Bapak Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe,” ujar Parman.

“Dan ini pertama kali dalam sejarah KONI Parepare memberikan apresiasi tinggi berupa penghargaan kepada Wali Kota. Jadi, Bapak Taufan Pawe peraih gelar pertama Golden Award. Ini fenomenal,” kata doktor ilmu manajemen ini.

Akademisi Universitas Muhammadiyah Parepare ini juga mengemukakan bahwa ada sedikitnya delapan poin menjadi indikator sehingga Taufan Pawe dinilai layak mendapatkan Golden Award, salah satunya kepedulian dan supportnya dalam dunia olahraga selama delapan tahun menjabat wali kota.

Parman berharap, Taufan Pawe berkenan menerima penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari organisasi yang dipercaya membina seluruh cabang olahraga, KONI. “Kita berharap Bapak Wali Kota berkenaan menerima penghargaan ini. Penyerahan penghargaan secara resmi kami serahkan sepenuhnya kepada Bapak Wali Kota, kapan waktu dan tempat serta kesiapan beliau,” tutur Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota (DPK) Parepare ini.

Saat memberikan keterangan pers, Parman Farid didampingi oleh para Wakil Ketua KONI Parepare di antaranya Muh Nashir, Edhar Abdullah, Bakhtiar Syarifuddin, Farida HS, Sekretaris Rahman DJ, dan Bendahara M Makmur.

Rapat Anggota Tahunan KONI Parepare ini dihadiri 31 pimpinan Pengurus Cabang (Pengcab) Olahraga Anggota KONI di Parepare. Rapat tersebut melahirkan beberapa rekomendasi terkait program KONI, termasuk rekomendasi pemberian penghargaan Golden Award kepada Wali Kota Parepare. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5289 seconds (0.1#10.140)