Pengenalan Pangan Lokal Gorontalo – Bone Bolango, Jadi Agenda Sukseskan Festival Kabupaten Lestari 2021

Rabu, 10 November 2021 - 13:00 WIB
loading...
Pengenalan Pangan Lokal Gorontalo – Bone Bolango, Jadi Agenda Sukseskan Festival Kabupaten Lestari 2021
Foto: Doc. Sindonews
A A A
JAKARTA - Festival Kabupaten Lestari 2021 sudah semakin dekat. Berbagai rangkaian event jelang festival yang akan diselenggarakan di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango ini pun sudah mulai dihelat. Salah satu rangkaian acara menuju Festival Kabupaten Lestari 2021 adalah “Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango” yang digelar di Jakarta, pada Selasa (9/11). Kesempatan ini menjadi ajang untuk memperkenalkan pangan lokal yang bersifat lestari dan ramah lingkungan melalui program Sustainable Culinary Journey Gorontalo.

Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan Kaum Jakarta, Brookland Coffee, dan MasakTV untuk menggali potensi kedua kabupaten dengan memperkenalkan beragam pangan lokal yang dimodifikasi sesuai dengan kearifan potensi lokal, seperti kopi pinagu dan jagung.

“Ada beberapa kegiatan yang dilakukan, pertama ini saya dari acara talk show yang peduli pada lingkungan yang termasuk juga dalam rangka UN Climate Change Conference of the Parties (COP26) di Glasslow, Skotlandia. Kedua, hari ini memperkenalkan makanan yang dimodifikasi sesuai dengan potensi lokal tidak hanya di Gorontalo akan tetapi dapat dikenalkan nasional bahkan dunia dan makanan yang bisa didorong bisa menjadi pendapatan kita,” kata Bupati Gorontalo Neslon Pomalinggo.

Dia mengungkapkan rasa bangganya dengan modifikasi pangan lokal yang diperagakan dan dihidangkan para chef dalam event “Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango” tersebut.

Dengan kreasi para chef, potensi lokal Gorontalo dan Bonebolango diharapkan dapat dikenal secara luas di Indonesia, maupun mancanegara melalui acara ini.

Tidak hanya itu, Bupati Nelson juga menyampaikan kegiatan festival bertujuan untuk memperkuat makanan lokal saat terjadi perubahan iklim seperti saat ini. “Apalagi seperti yang disampaikan perubahan iklim seperti sekarang ini maka makanan lokal yang harus diperkuat. Kami bangga pada hari ini ada modifikasi yang bisa go nasional maupun go internasional.”

Semua kreasi kuliner Gorontalo dan Bone Bolango yang dikreasikan para chef pada Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango, nantinya akan disajikan di Festival Kabupaten Lestari 2021. Untuk diketahui, Festival Kabupaten Lestari 2021 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dengan beranggotakan 9 kabupaten di Indonesia yang peduli pada lingkungan yang mendorong ekonomi lestari. Kali ini, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango yang berada di Provinsi Gorontalo menjadi tuan rumah penyelanggara.

“Rencananya festival ini akan dilaksanakan di dua tempat yaitu pembukaannya di Gorontalo dan penutupannya di Bone Bolango. Akan ada pameran mendorong anak-anak muda untuk cinta pada lingkungan termasuk kuliner, hasil-hasil UMKM dan juga kendaraaan-kendaraan yang ramah lingkungan,” tutur Bupati Nelson.

Dalam festival ini, bukan hanya mengenalkan makanan atau menu khas, namun juga varian dan kemasan itu tersedia di alam. Seperti yang diungkapkan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

“Fokus tema utamanya adalah jelajah rasa terutama terkait dalam makanan atau menu khas Gorontalo, tidak sekedar keragaman khas Bone Bolango tapi aspek higenisnya, variannya dan kemasannya itu tersedia di alam apakah di hutan, di kebun ataupun di laut Bone Bolango.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5308 seconds (0.1#10.140)