6 Rumah di Balikpapan Terendam Banjir dan Lumpur Berbau Minyak

Senin, 08 November 2021 - 22:57 WIB
loading...
6 Rumah di Balikpapan Terendam Banjir dan Lumpur Berbau Minyak
Warga dibantu tim SAR gabungan saat membersihkan rumah yang terendam banjir lumpur berbau minyak di Balikpapan, Senin (8/11/2021). Foto: MPI/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Banjir bercampur lumpur dan berbau minyak menerjang pemukiman warga di kawasan RT 35 Gang Damai 1 Kelurahan Prapatan Balikpapan Kota , Senin dini (8/11/2021).

Warga pun berjibaku membersihkan rumahnya yang dimasuki air bercampur lumpur, kejadian tersebut pascahujan mengguyur Kota Balikpapan sejak dini hari. Selain banjir, wilayah itu juga rawan terjadi longsor.

Tim SAR gabungan dari BPBD Balikpapan, Kantor Pencarian dan pertolongan (KPP) Balikpapan, TNI, Polri serta relawan bersama-sama mengevakuasi warga dari lokasi rawan.



Lurah Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota, Reza Difa yang meninjau langsung lokasi menjelaskan, banjir bercampur lumpur dan berbau minyak berasal dari arah kawasan Pertamina Balikpapan.

“Tepat jam 8 pagi terjadi genangan air beserta lumpur dari arah Pertamina kungkinan dari parit yang jebol. Ini juga ada berbau minyak makanya mau dicek apakah ada kebocoran, ini cukup parah ya,” ungkapnya.

Reza meminta pihak Pertamina agar lekas melakukan pemeriksaan untuk menindaklanjuti hal itu. "Saya berharap dari Pertamina cepat turun lihat lokasi langsung tindak lanjutnya seperti apa ke depan karena dampaknya ke warga sekitar karena sangat berbahaya,” katanya.



Di lokasi, Kepala BPBD Balikpapan Suseno mengatakan bahwa banjir bercampur lumpur tersebut dikarenakan adanya parit yang tersumbat.

"Ya tadi darurat sudah dilaksanakan, kami juga meninjau bersama-sama dari Pertamina ini juga di mana, ternyata ada parit yang tersumbat sehingga airnya meluap sekarang sudah dibersihkan, " ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)