Pemkab Aceh Besar Mulai Terapkan Barcode Aplikasi PeduliLindungi

Senin, 08 November 2021 - 18:00 WIB
loading...
Pemkab Aceh Besar Mulai Terapkan Barcode Aplikasi PeduliLindungi
Bupati Aceh Besar Mawardi Ali meluncurkan QR Code untuk aplikasi PeduliLindungi di kompleks Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (8/11/2021). Foto Doc Pemkab Aceh Besar
A A A
KOTA JANTHO - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menerapkan QR Code untuk aplikasi PeduliLindungi. PeduliLindungi merupakan aplikasi untuk menelusuri kontak tracking dan tracing demi memperkuat upaya penurunan penyebaran Covid-19.

“Aplikasi ini membantu meningkatkan partisipasi masyarakat guna melaporkan lokasi dan riwayat perjalanan selama pandemi,” ujar Bupati Mawardi Ali ketika meluncurkan penggunaan aplikasi Pedulilindungi di Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (8/11/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekdakab Aceh Besar Sulaimi, para staf ahli bupati, para asisten setdakab, dan kepala OPD.

Penerapan scan barcode aplikasi PeduliLindungi itu juga untuk menunjukkan sertifikat vaksin bagi setiap orang yang keluar masuk area perkantoran tersebut. Bupati Mawardi mengatakan, sesuai dengan Instruksi Gubernur Aceh Nomor 23/INSTR/2021 tentang pemeriksaan Covid- 19 bagi ASN, tenaga kontrak, serta masyarakat saat memasuki lingkungan perkantoran pemerintah, maka terhitung mulai tanggal 8 November 2021, Pemkab Aceh Besar resmi menerapkan aplikasi PeduliLindungi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Bupati menjelaskan, penggunaan aplikasi ini tentu sangat membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam menekan risiko penyebaran virus dan secara bertahap akan segera diterapkan di seluruh OPD dalam jajaran Pemkab Aceh Besar.

Aplikasi PeduliLindungi terintegrasi dengan data hasil tes pemeriksaan Covid-19 dan data vaksinasi nasional. Apabila seseorang menjalani tes Covid-19 dengan hasil positif, maka aplikasi ini akan secara otomatis memberikan notifikasi kepada orang yang selama 14 hari terakhir teridentifikasi sebagai kontak erat dan mengarahkan kontak erat untuk segera melakukan tes Covid-19.

Penggunaan aplikasi ini kembali menjadi bukti bahwa teknologi dapat sangat bermanfaat untuk membantu kehidupan masyarakat jika digunakan secara positif. Data-data pribadi pengguna aplikasi PeduliLindungi dijaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan tracing. “Kita berharap, dengan penerapan Protkes secara ketat dan disiplin, semoga pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir,” pungkasnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3352 seconds (0.1#10.140)