Donor Darah di Situbondo Diikuti Petani, Perangkat Desa hingga Takmir Masjid

Senin, 08 November 2021 - 13:33 WIB
loading...
Donor Darah di Situbondo Diikuti Petani, Perangkat Desa hingga Takmir Masjid
Antusiasme warga di Situbondo terhadap acara donor darah yang digelar sejak 14 hingga akhir Oktober di Kantor PMI dan base camp komunitas ini sangat tinggi.Foto/ist
A A A
SITUBONDO - Warga Situbondo cukup antusias mengikuti donor darah digelar sejak 14 hingga akhir Oktober di Kantor PMI dan base camp komunitas. Ratusan warga yang mendaftarkan diri ikut menjadi pendonor dalam kegiatan yang digelar oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA).

Koordinator donor darah Hena Perdana Ragayatsu mengatakan, Kolaborasi KITA di Sub DSO Situbondo ini terdiri dari enam komunitas berbeda, seperti dari Karang Taruna Heppiii Community Bakti Pemuda Alasmalang, kemudian Karang Taruna Kampung Heppiii Dawuhan, Karang Taruna Pejuang Heppiii Cermee, Karang Taruna Petani Heppiii Kendit, Pokdarwis Vespasito (Vespa Situbondo), kemudian anak-anak motor motor 250cc yakni CBR Situbondo.

Baca juga: Penyidik Pastikan Kecelakaan Tol yang Tewaskan Vanessa Angel Akibat Kelalaian Sopir

"Selain dari komunitas, ternyata banyak sekali warga yang ikut berdonor, para petani, ada dari para perangkat desa di tiap kelurahan, bahkan tokoh-tokoh masyarakat dan agama, seperti takmir masjid juga ikut," katanya pada Senin (8/11).

Antusiasme warga ini kata dia karena warga di desa sangat peduli dengan persoalan kesehatan terlebih di masa pandemi. Mereka menganggap jika saat pandemi ini darah sangat dibutuhkan, karena itu mereka berbondong-bondong ikut donor darah.

"Dari teman-teman komunitas kemarin juga memberikan paket sembako sekadarnya seperti beras dan gula bagi warga yang ikut donor darah. Ini juga untuk membantu warga yang kurang mampu. Kami mengucapkan terima kasih kepada para pendonor dan juga PMI," terangnya.

Tercatat dari enam komunitas dan dibantu warga setempat, jumlah peserta yang mendaftar jadi pendonor ada 265 orang, dari jumlah itu yang berhasil diambil darahnya adalah 205 peserta.



Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, Kolaborasi KITA menggerakkan715 komunitas di 93 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, #Setetes Darah Untuk Negeri 2021. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama diantara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah #Setetes Darah Untuk Negeri 2021 akhirnya memecahkan rekor dari Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak. Penganugerahan rekor sudah diberikan kepada perwakilan Kolaborasi KITA pada Sabtu (6/11).

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)