Selamat, di Ajang PDWI 2021, Duta Wisata Indonesia Babel Sabet Juara Tiga

Senin, 08 November 2021 - 14:42 WIB
loading...
Selamat, di Ajang PDWI 2021, Duta Wisata Indonesia Babel Sabet Juara Tiga
Foto: Doc. Pemprov Babel
A A A
PANGKAL PINANG - Duta Wisata Indonesia Provinsi Bangka Belitung (Babel) 2021 berhasil meraih juara ke-3 di Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Indonesia (PDWI) 2021 di Taman Budaya Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) Minggu, (07/11/2021).

Acara ini diselenggarakan Yayasan Duta Wisata Indonesia (YDWI) dan Sekretariat Nasional Asosiasi Duta Wisata Indonesia Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI). Dalam babak Grand Final terdapat tujuh Pasangan Putera Puteri Duta Wisata dari 7 Provinsi. Mereka dari Provinsi Aceh, Jambi, Bangka Belitung, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Utara.

Delegasi PDWI dari Babel diwakili oleh putra dan putri terbaik pada ajang PDWI Babel 2021 dari Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Delegasi Putra atas nama Muhammad Maulana Mahasiswa Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta dan Puteri atas nama Rizti Kholifi Mahasiswi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Universita Sebelas Maret Surakarta berhasil meraih juara 3.

Dalam ajang Grand Final PDWI 2001 ditetapkan sebagai Juara 1 Duta Wisata dari Aceh dan Juara 2 dari Nusa Tenggara Barat sebagai Tuan rumah. Di samping itu diserahkan sejumlah penghargaan untuk para pemenang dengan kategori lainnya.

Dalam Grand Final PDWI 2021 bertindak sebagai dewan juri terdiri dari sejumlah pioner ajang Pemilihan Duta Wisata di antaranya Awalsyah Damara Fajar selaku Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia, Raditya Pratama Fajar selaku Indonesia Desainer Fashion, Inong Ismail Ketua Soekarno Centre di Bali dan Lusia Efriani Aktivis Perempuan Cinderela.

"Sebelum masuk ke tingkat Nasional mereka sudah diseleksi dulu di tingkat kabupaten kota kemudian tingkat provinsi. Ada standar-standar ditentukan, yang pasti tidak jauh dari Performance, Knowleadge terutama tentang pariwisata dan yang terakhir dengan Atitude, sikap sebagai seorang Duta Wisata, "ucap Damara.

Damara juga menjelaskan karena masih pandemi, peserta PDWI 2021 terbatas, yakni hanya diikuti tujuh provinsi. "Karena masih pandemi sehingga punya keterbatasan di daerah masing-masing. Sehingga proses seleksi di daearah tidak bisa dilakukan dan tidak bisa mengirimkan delegasinya, " ujarnya.

Untuk Penyelenggaraan PDWI ke-16 pada 2022, Yayasan Duta Wisata Indonesia telah memutuskan jakan diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Utara.

Zaiyuni Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Disparbudkepora Babel) yang turut hadir di acara Grand Final mewakili Kepala Disparbudkepora Babel mengatakan cukup puas dengan apa yang diraih oleh adik-adik Duta Wisata Delegasi Babel.

"Terima kasih kami ucapkan atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel kepada adik-adik yang sudah berjuang dalam PDWI 2021. Di tengah pandemi Covid-19 tetapi masih bisa memberi prestasi dengan meraih peringkat ke-3. Kita berharap ke depan Duta Wisata bisa menerapkan apa yang didapat di dalam ajang ini untuk kemajuan dunia kepariwisataan di Babel, " ucap Zaiyuni.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)