Lagi, 1 Warga Asahan Dinyatakan Positif Covid-19

Jum'at, 05 Juni 2020 - 08:06 WIB
loading...
Lagi, 1 Warga Asahan Dinyatakan Positif Covid-19
Tim Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Asahan saat memeriksa dengan tes cepat, Rapid Test, di Kisaran, Kamis (4/6/2020). Foto/Istimewa
A A A
ASAHAN - Warga jalan FL.Tobing Lingkungan VI Kelurahan Gambir Baru, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan berinisial S dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 hasil uji SWAB.

Sebelumnya, pasien yang tercatat sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemko Tanjungbalai ini mengalami gejala klinis seperti demam, sakit kepala dan lemas. Karena kondisi itu, ia memeriksakan kesehatannya ke RSUD dr. Tengku Mansyur Tanjungbalai, Jumat (29/5/2020). (Baca juga : Update Covid-19: Total Positif di Sumut Jadi 488 Orang, Bertambah 44 Orang )

Selanjutnya, pihak rumah sakit merujuk pasien ke RSU Martha Friska Medan, Minggu (31/5/2020), untuk mendapatkan perawatan medis secara intensif.

"Dari hasil uji SWAB, pasien dinyatakan positif Covid-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, di Kisaran, Jumat (5/4/2020).

Dari informasi yang diterima, menurut Rahmat, bahwa kondisi pasien terbilang normal. Meskipun begitu, pasien tetap menjalani isolasi dan perawatan di rumahsakit rujukan Covid-19 itu. "Kondisi pasien terbilang sehat," katanya.

Untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas, terang Rahmat, gugus tugas telah melakukan tracing terhadap keluarga dan warga yang memiliki riwayat kontak fisik dengan pasien. Dari 14 orang yang diperiksa dengan tes cepat, Rapid Test, 1 orang dinyatakan reaktif Covid-19. (Baca juga : Gejala Covid-19, Tiga Hari Dirawat PDP di RSUD Perdagangan Meninggal )

"Untuk yang dinyatakan reaktif telah diisolasi di rumah sakit umum Kisaran (RSUD H. Abdul Manan Simatupang Kisaran). Dan rencanya, akan dirujuk ke rumahsakit di Medan," ujarnya.

Dinyatakannya pasien terinfeksi Covid-19, Rahmat yang juga Kadis Kominfo Kabupaten Asahan ini, menambah jumlah kasus virus yang pertama kali di temukan Kota Wuhan, China itu.

Atas penambahan jumlah kasus itu, Rahmat meminta masyarakat tetap tenang sembari mengikuti anjuran Pemerintah. Pembatasan jarak sosial hendaknya juga tetap dilakukan. Dan, tetap menerapkan pola hidup sehat serta disiplin memakai masker saat bepergian. (Baca juga : Satu Pasien PDP Covid-19 di Asahan Meninggal Dunia )

Data terakhir, jumlah pasien positif Covid-19 bertambah menjadi enam orang, terdiri dari 2 pasien yang tengah dirawat; 3 sembuh; dan 1 meninggal dunia. Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) 2 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) tersisa 1 orang.
(nfl)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3193 seconds (10.55#12.26)