18 Kecamatan di Ogan Komering Ulu Selatan Siaga Banjir Bandang

Rabu, 03 November 2021 - 19:23 WIB
loading...
18 Kecamatan di Ogan Komering Ulu Selatan Siaga Banjir Bandang
Jembatan gantung yang rusak diterjang banjir bandang di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumsel. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
MUARADUA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis sejumlah daerah di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sumsel yang kini berstatus level siaga bencana banjir bandang, Rabu (3/11/2021).

Kepala Pelaksana BPBD OKUS, Dony Agusta mengatakan bahwa BMKG memetakan level siaga bencana hampir terjadi di seluruh Bumi Serasan Seandanan, kecuali wilayah Kecamatan Simpang.


Sedangkan 18 Kecamatan lainnya yakni Kecamatan Muaradua, Sungai Are, Banding Agung, Mekakau Ilir, Tiga Dihaji, Buay Sandang Aji, Pulau Beringin, Muaradua Kisam, Kisam Tinggi, Runjung Agung, Buay Runjung dan Kisam Ilir.

Selanjutnya Kecamatan Sindang Danau, Buay Rawan, Buana Pemaca, Buay Pemaca, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Warkuk Ranau Selatan berstatus siaga potensi banjir bandang dampak hujan lebat luapan Sungai Saka Selabung.

Dony Agusta juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati akan kemungkinan terjadinya bencana banjir bandang, longsor maupun pohon tumbang.

"Untuk masyarakat yang tinggal di dekat daerah aliran sungai (DAS) diharapkan waspada datangnya banjir bandang, yang dipengaruhi tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir ini," ujar Dony.



Tak hanya itu, kata Dony, pengendara serta penduduk yang bermukim di kawasan perbukitan juga luput dari imbauan BPBD OKU Selatan

"Kemudian juga bagi yang bermukim di perbukitan ataupun lereng gunung diharapkan waspada. Pengendara lebih baik menunda perjalanan jika kemungkinan cuaca tidak bersahabat untuk mengantisipasi bencana tanah longsor dan pohon tumbang," imbaunya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)