Percepat Herd Immunity, Ratusan Penghuni Rutan Disuntik Vaksin

Rabu, 03 November 2021 - 01:28 WIB
loading...
Percepat Herd Immunity, Ratusan Penghuni Rutan Disuntik Vaksin
Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Negara Klas I Palembang melaksanakan vaksinasi dosis pertama gelombang kedua. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Negara Klas I Palembang melaksanakan vaksinasi dosis pertama gelombang kedua yang bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Sumse).

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sumsel, Indro Purwoko mengatakan,pelaksanaan vaksinasi gelombang pertama telah dilaksanakan terhadap 632 WBP beberapa waktu lalu, dan ini merupakan gelombang kedua. Baca Juga: Warga Nekat Mudik, Pemkot Madiun Sediakan Rumah Tahanan Angker

"Untuk kali ini merupakan dosis pertama gelombang kedua. Ada sebanyak 625 WBP yang menjalani vaksinasi. Dan jenis vaksin yang kita pakai yakni vaksin pfizer, " ujar Indro Purwoko didampingi Kepala Rutan Negara Klas I Palembang usai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Selasa (2/11/2021).

Indro menjelaskan, saat ini jumlah WBP se-Sumsel mencapai lebih dari 15 ribu orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 4.000 WBP sudah menjalani vaksinasi dosis pertama, sedangkan yang telah menjalani vaksinasi dosis kedua sebanyak 5.000 WBP.

"Lebih dari 6.000 WBP yang belum divaksin dan ini akan kita terus kejar. Makanya, seluruh Karutan dan Kalapas se-Sumsel diatensi untuk berkomunikasi dengan Polres setempat untuk melaksanakan vaksinasi," jelasnya. Baca juga:
Meta Perketat Penanganan Misinformasi Seputar Vaksin Anak


Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, vaksinasi yang dilakukan terhadap penghuni Rutan tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya dalam menuju herd immunity atau kekebalan kelompok, khususnya di Kota Palembang.

"Mereka yang sedang menjalani hukuman di sini memiliki hak yang sama untuk mendapatkan vaksinasi. Ini juga dilaksanakan di sejumlah Rutan se-Sumsel," ujar Irjen Pol Toni Harmanto.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)