Peneliti Temukan Hasil Obat Kutu untuk Obati Covid-19

Rabu, 22 April 2020 - 13:28 WIB
loading...
Peneliti Temukan Hasil Obat Kutu untuk Obati Covid-19
Ilustrasi. Foto/Daily Maverick
A A A
CHICAGO - Studi pendahuluan dalam mengobati virus corona baru atau Covid-19 telah dilakukan pada obat antiparasit yang digunakan untuk mengobati kutu kepala. Hasil uji coba ini menunjukkan hasil yang cukup menjanjikan.

"Menemukan terapi yang aman, terjangkau, dan tersedia seperti ivermectin, jika terbukti efektif dengan evaluasi yang ketat, memiliki potensi untuk menyelamatkan banyak nyawa," kata Dr Nirav Shah, seorang spesialis penyakit menular di NorthShore University HealthSystem seperti dilansir Fox News, baru-baru ini.

Ivermectin yang dikembangkan pada 1970 dan 1980-an kali pertama digunakan untuk mengobati cacing gelang kecil yang disebut nematoda pada sapi. Kemudian untuk kebutaan sungai (onchocerciasis atau robles) pada manusia, dan yang paling baru untuk menghilangkan kutu kepala.

Kecakapan antiparasit obat itu telah memasukkannya ke dalam daftar obat-obatan esensial Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Baru-baru ini, tim ilmuwan Australia telah mempelajari ivermectin in vitro sehubungan dengan pandemi Covid-19.

"Kami menemukan bahwa bahkan dosis tunggal pada dasarnya dapat menghapus semua viral load selama 48 jam dan bahkan pada 24 jam, ada pengurangan yang sangat signifikan dalam hal itu," jelas Dr Kylie Wagstaff, pemimpin tim dari Monash Biomedicine Discovery Institute di Melbourne.

Meskipun virus corona baru bukan parasit, para ahli berpendapat bahwa ivermectin pada dasarnya memperlakukannya seperti satu, menghalangi RNA virus, asam ribonukleat dari menyerang sel-sel sehat dan memberi sistem kekebalan lebih banyak waktu untuk melawan penyakit.

Langkah selanjutnya, menurut para peneliti, adalah menentukan dosis manusia yang benar, memastikan dosis yang ditunjukkan untuk secara efektif mengobati virus secara in vitro aman bagi manusia. Shah mengingatkan bahwa ada banyak contoh obat dengan aktivitas in vitro yang tidak terbukti efektif dalam penelitian pada manusia.

"Mengingat tidak ada terapi yang terbukti terhadap Covid-19 sampai saat ini dan kita berada di tengah-tengah pandemi, obat-obatan yang menunjukkan harapan pada awal in vitro atau studi pengamatan seperti ivermectin harus dievaluasi secara ketat untuk memahami keamanan dan efektivitas," kata Shah.

Studi lain yang dilakukan para peneliti di University of Utah menemukan bahwa pasien sakit kritis dengan cedera paru-paru yang memerlukan ventilasi mekanik mungkin mendapat manfaat dari pemberian ivermectin. "Kami mencatat angka kematian yang lebih rendah dan penggunaan sumber daya perawatan kesehatan yang berkurang pada mereka yang diobati dengan ivermectin," tulis Shah.

Sementara, di Broward Health Medical Center di Florida, Dr Jean-Jacques Rajter telah menggunakan ivermectin selain hydroxychloroquine, azithromycin dan zinc sulfate untuk merawat pasien Covid-19.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)