Masjid Agung Bandung Bakal Gelar Salat Jumat Mulai Pekan Depan

Kamis, 04 Juni 2020 - 16:10 WIB
loading...
Masjid Agung Bandung Bakal Gelar Salat Jumat Mulai Pekan Depan
Masjid Agung Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Foto/SINDO/Dok
A A A
BANDUNG - Masjid Raya atau Masjid Agung Bandung dipastikan tidak menggelar salat Jumat pada Jumat (5/6/2020) besok. Namun, pengurus masjid bakal mencoba menggelar salat Zuhur berjamaah pada Sabtu (7/6/2020).

Salat Jumat dimungkinan bakal di Masjid Agung Bandung pada Jumat pekan depan jika tak ada perubahan signifikan terkait kasus Corona atau COVID-19. (BACA JUGA: Update COVID-19 Jabar: Tambah 5 Kasus Baru Positif, Pasien Sembuh Naik Signifikan )

"Besok belum ada salat Jumat. Hanya Sabtu mulai kita membuka salat wajib aja salat fardhu kayanya. Kita sambil pas Jumat yang akan datang itu tanggal 12 Juni kan masa berakhirnya PSBB," kata Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja melalui sambungan telepon, Kamis (4/6/2020).

Pelaksanaan salat Zuhur berjamaah, ujar Muchtar, akan diawali dengan kumandang azan menggunakan pengeras suara. Pintu masuk masjid dan kamar mandi akan dibuka kembali untuk umum. Selain itu, disiapkan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan serta menempatkan petugas untuk melakukan cek suhu tubuh.

"Nanti hari Sabtu Insya Allah dibuka untuk publik dimulai dengan salat Zuhur, azan dan komat dikeraskan ke pengeras suara tapi tidak diumumkan tapi pintu dibuka dan kamar mandi dibuka," ujar dia. (BACA JUGA: 3 Bulan Diterpa Pandemi COVID-19, Begini Kondisi Hotel dan Pariwisata di Jabar Saat Ini )

"Kami sudah menyiapkan protokolnya yang standar aja bahwa cuci tangan di Pintu Utara, Pintu Timur dan Selatan kemudian alat deteksi suhu tubuh juga kita siapkan," tutur Muchtar.

Muchtar berharap pelaksanaan salat Zuhur berjamaah pada hari Sabtu dapat memberi gambaran pelaksanaan salat Jumat pekan depan serta kegiatan pengajian umum dan majelis taklim.

Jamaah yang hadir dalam salat Zuhur itu juga diharapkan tak lebih dari 400 orang atau 30% dari kapasistas Masjid Agung Bandung. (BACA JUGA: Kapasitas Jamaah di Masjid Dibatasi, MUI Jabar: Salat Jumat 2 Termin Tak Sah )

"Rutin hari Senin sampai Jumat itu ada paling banyak seribu orang, kalau normal. Kalau Sabtu dan Minggu itu bisa 2 ribu sampai 3 ribu jemaah. Kalau Jumat kan berat itu bisa 13 ribu. Prediksi hari Sabtu menurut saya mudah-mudahan tidak lebih dari 400," ungkap Muchtar.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)