Korban Cabut Laporan, Penyidikan Kasus Dihentikan dan Ferdian Paleka Cs Bebas

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:32 WIB
loading...
Korban Cabut Laporan, Penyidikan Kasus Dihentikan dan Ferdian Paleka Cs Bebas
Ferdian Paleka (tengah) didampingi ayah dan pengacaranya. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Youtuber Ferdian Paleka, M Aidil, dan Tubagus Fahddinar bebas dari tahanan Polrestabes Bandung setelah para korban mencabut laporan.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, yakni, Dini, Sani, dan Laura, wanita pria (waria) yang jadi korban prank Ferdian Paleka Cs, mencabut laporan mereka pada pekan lalu. (BACA JUGA: Viral! Youtuber Pembagi 'Makanan' Sampah Dibully Tahanan Lain )

Pencabutan laporan ini, kata Galih, menjadi dasar polisi untuk membebaskan para tahanan. "Dasarnya yang pasti adalah pencabutan aduan dan laporan dari korban kepada kami yang kita terima satu Minggu lalu. Itu menjadi dasar kami untuk mengeluarkan para tahanan," kata Galih di Mapolrestabes Bandung, Kamis (4/6).

"Seperti yang kita ketahui bersama, untuk kasus ITE ini Pasal 45 ayat 3 di sini yang kita sangkakan adalah masuk ke dalam delik aduan. Jadi itu menjadi dasar kami (membebaskan tersangka Ferdian Paleka cs)," ujar Kasat Reskrim.

Selain membebaskan para tersangka, dengan pencabutan laporan tersebut, ujar Galih, penyidikan perkara yang menjerat Ferdian Paleka dan dua temannya dihentikan. (BACA JUGA: Kronologis Penangkapan Youtuber Pembagi 'Makanan' Sampah )

Namun Galih tak menjelaskan secara rinci alasan para korban mencabut laporan. "Ya. Jadi dengan dicabutnya itu, pasti kami hentikan kasusnya," tutur AKBP Galih. (BACA JUGA: Ini Motivasi Ferdian Paleka dkk Buat Video Prank Bingkisan Isi Sampah dan Batu )

Sebelumnya diberitakan, Ferdian Paleka dijerat pasal berlapis atas perbuatan mereka membuat video prank bagi-bagi bingkisan berisi sampah dan batu.

Drama penangkapan Ferdian dan Aidil sempat menarik perhatian masyarakat. Ferdian dan Aidil melarikan diri ke Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Namun, pelarian Ferdian dan Aidil berakhir di kawasan Balaraja, Jalan Tol Merak-Jakarta oleh tim Ditreskrimum Polda Jabar dan Satreskrim Polrestabes Bandung.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)