alexametrics

Himpunan FT Mesin ITB Serahkan Bantuan Swab Chamber ke RSUD Cibabat

loading...
Himpunan FT Mesin ITB Serahkan Bantuan Swab Chamber ke RSUD Cibabat
Himpunan Mahasiswa Fakultas Tehnik (FT) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyerahkan perangkat swab chamber kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat di Kota Cimahi.iNewsTV/Unang Setiawan
A+ A-
CIMAHI - Himpunan Mahasiswa Fakultas Tehnik (FT) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyerahkan perangkat swab chamber kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat di Kota Cimahi. Alat ini berguna bagi petugas medis yang menjalankan swab test terhadap pasien suspect Corona tanpa kontak langsung.

Swab chamber buatan mahasiswa FT Mesin ITB ini diberikan kepada RSUD CIBABAT dengan donasi dari dr Adhi Nugraha dan dr Sonny Sosatya . Rencananya RSUD Cibabat akan menerima 4 unit swab chamber buatan mahasiwa FT Mesin ITB. (Baca juga; PT Bintang Jaya Pratama Salurkan CSR Sumbang 2.000 APD untuk Tenaga Medis)

Menurut dr Adhi Nugraha, swab chamber sangat membantu tenaga kesehatan menjalankan tugas dan terlindungi dari droplet atau udara yang mengandung virus penyakit. Sebab, tenaga kesehatan tidak kontak langsung sehingga bertugas dengan nyaman .



“Alat swab chamber ini setelah mengalami penyempurnaan dapat disebarkan ke seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 dan laboratorium yang memeriksa swab test diseluruh Indonesia,” kata Adhi. (Baca juga; Ventilator Berbasis IoT Hasil Inovasi Universitas Gunadarma)

Sementara menurut Ketua Himpunan Mahasiswa FT Mesin ITB, Aria Dwipajaya, alat swab chamber ini dirancang kedap udara dari luar, sehingga tidak ada pertukaran udara dari pasien ke dokter. Alat ini dibutuhkan rumah sakit agar saat lakukan swab test tidak ada kontak langsung antara dokter dan pasien.

Cara pemakaian swab chamber, dokter atau tenaga kesehatan masuk ke chamber dengan memasukan tangan ke dalam sarung tangan untuk melakukan swab ke pasien. Kemudian pasien dilakukan swab dan diberi uap sterillisasi. RSUD Cibabat juga mendapat sumbangan dari Ikatan Dokter Indonesia Jabar berupa perlengkapan alat pelindung diri (APD)
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak