Tanah Datar Dihantam Longsor, 5 Rumah dan Fasilitas Umum Rusak

Kamis, 04 Juni 2020 - 10:57 WIB
loading...
Tanah Datar Dihantam Longsor, 5 Rumah dan Fasilitas Umum Rusak
Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Sumatera Barat memicu terjadinya longsor di daerah Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Rabu malam (3/6/2020). Foto/iNews TV/Agung Sul
A A A
TANAH DATAR - Hujan deras mengguyur sebagian wilayah di Sumatera Barat (Sumbar) memicu terjadinya longsor di daerah Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Rabu malam (3/6/2020).

Longsor menghantam 5 rumah warga dan memutuskan jalan provinsi yang menghubungkan daerah Sumpur dengan Malalo.

Hujan yang disertai longsor ini terjadi seusai salat Isyak menerjang 5 rumah warga di daerah Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur, Kabupaten Tanah Datar. Longsor juga menghantam 2 unit rumah warga setempat.

Selain itu akses jalan juga terputus tertimbun material longsor. Dari data yang dihimpun, longsor menyebabkan 5 rumah warga dan 1 musala rusak dihantam longsor. (Baca juga: Fenomena Ikan Mudik, Rezeki Tahunan Cegat Migrasi Ikan ke Hulu Sungai)

Untuk warga terdampak sementara waktu diungsikan ke tempat yang aman. Sedangkan proses evakuasi dan pembersihan masih menunggu alat berat.

Wali Jorong Nagari Sumpur, Reza Esfan menjelaskan, kawasan Batipuh Selatan termasuk daerah rawan bencana longsor dan banjir bandang.

“Karena di sekitar daerah yang berdekatan dengan Danau Singkarak ini banyak daerah perbukitan. Sejak Januari hingga sekarang sudah tiga kali kawasan Batipuh Selatan diterjang bencana,” katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)