Nahkoda Ungkap Detik-detik KM Liberty 1 Dihantam Badai dan Tenggelam di Perairan Bali

Rabu, 27 Oktober 2021 - 14:26 WIB
loading...
Nahkoda Ungkap Detik-detik KM Liberty 1 Dihantam Badai dan Tenggelam di Perairan Bali
Tim Basarnas Bali dengan KN SAR Arjuna 229 melakukan pencarian sembilan ABK Kapal Motor Liberty 1 yang masih hilang. Foto/Humas Basarnas Bali
A A A
DENPASAR - Kapal Motor (KM) Liberty 1 tenggelam di perairan utara Bali akibat dihantam badai. Hingga Rabu (27/6/2021), sembilan anak buah kapal (ABK) masih hilang.

Jacobus Wolonterry, nahkoda kapal yang selamat sempat mengisahkan detik-detik musibah mengerikan itu kepada Kantor SAR Bali. "Setelah saya tanya kapten kapal, memang kejadiannya begitu cepat," kata Kepala Kantor SAR Denpasar Gede Darmada.

Baca juga: 9 ABK Kapol Kargo KM Liberty Masih Hilang, Begini Kronologisnya

Dari cerita Jacobus, Darmada menuturkan KM Liberty 1 melintasi perairan utara Bali, Sabtu (23/10/2021) malam. Kapal jenis kargo itu tengah dalam perjalanan menuju Flores, NTT.

Sekitar pukul 22.07 Wita, datang gelombang besar disertai badai menghantam lambung kapal. Jarak pandang kapal malam itu terbatas hanya 2-3 meter.

Sadar kapalnya dalam ancaman bahaya, Jacobus mencoba menghindari badai dengan manuver pindah haluan. Namun di saat bersamaan, gelombang dari samping menghantam hingga membuat kapal miring.



Seluruh kru kapal langsung berusaha menyelamatkan diri. "Sebagian lari ke arah liferaft, sebagian lagi mengambil lifejacket. Ada juga yang mengambil benda mengapung," ungkap Darmada.

Jacobus yang saat itu panik juga tidak sempat menyalakan sinar SOS. Seluruh kru kapal meloncat sebelum akhirnya kapal tenggelam.

Setelah dua hari terapung di laut, Jacobus dan lima ABK berhasil diselamatkan kapal LCT Dipasena 2 yang melintas di sekitar lokasi, Senin (25/10/2021) sekitar pukul 12.20 Wita.

Sedangkan upaya pencarian sembilan ABK yang hilang hingga kini belum membuahkan hasil. "KN SAR Arjuna 229 saat ini masih di lokasi pencarian antara perairan Bali dan Sapeken. Hasil masih nihil," ujar Darmada.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)