Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Sebut Taufan Pawe Kepala Daerah Paling Inovatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:39 WIB
loading...
Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Sebut Taufan Pawe Kepala Daerah Paling Inovatif
Foto: Doc. Pemko Parepare
A A A
MAKASSAR - Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Andi Taufik melontarkan pujiannya kepada Wali Kota Parepare Taufan Pawe.

Andi Taufik menilai, Taufan Pawe kepala daerah paling inovatif. Kemajuan Kota Parepare sangat siginifikan. Hal itu bisa dilihat sebelum dan saat Kota Parepare dinahkodai pria berakronim TP itu.

Taufik mengatakan hal tersebut saat pembukaan Pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare tahun 2021, di Kantor Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Jalan Baruga, Makassar, Senin, (25/10/2021).

"Sebelum dijabat oleh Pak TP, Kota Parepare minim inovasi. Kita lihat sekarang setalah beliau (Taufan Pawe) memimpin, dari waktu ke waktu inovasi terus tumbuh dan ada dimana-mana," katanya.

Dirinya menjelaskan, secara filosofi, inovasi sulit hadir jikalau digerakkan dari bawah saja. Harus pemimpin yang menggerakkan inovasi itu. Itu terjadi di Kota Parepare dibawah kendali Taufan Pawe.

Bahkan Andi Taufik menjadikan Kota Parepare icon inovasi daerah. Tak heran Kota Parepare dijadikan tempat pembelajaran bagi daerah lain di Indonesia.

"Sebagai putra daerah Kota Parepare, saya sangat senang dan bangga Kota Parepare memiliki pemimpin seperti Bapak Taufan Pawe. Makanya Parepare kita jadikan icon untuk inovasi daerah," katanya.

"Setiap kesempatan saya mendorong pemerintah daerah di Indonesia untuk studi banding di Parepare. Saya meminta mereka melihat langsung, belajar, dan meniru kepimpinan, pengawasan, administrasi di Parepare," ucapnya.

Tak sampai disitu, dirinya meminta Taufan Pawe membuat buku inovasi Pemkot Parepare. Dirinya ingin menjadikan buku tersebut menjadi referensi wajib bagi pemerintah daerah yang menggelar pelatihan dan kerja sama di Puslatbang KMP LAN RI Makassar.

"Kami mendorong Kota Parepare bisa membuat satu buku tentang inovasi Kota Parepare. Dan itu akan kami jadikan buku wajib pada semua pelatihan kepemimpinan kita dan diharapkan menginspirasi seluruh daerah di Indonesia," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)