Persiapan Bale Agung Rumah Ibu Bung Karno Tempat Sukmawati Mengucap Ikrar Memeluk Hindu

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 12:17 WIB
loading...
Persiapan Bale Agung Rumah Ibu Bung Karno Tempat  Sukmawati Mengucap Ikrar Memeluk Hindu
Keluarga besar Bale Agung di Singaraja Buleleng, Bali melakukan persiapan lokasi Sukmawati Soekarnoputri mengucap ikrar pindah ke agama Hindu, Sabtu (22/10/2021). Foto/Ist
A A A
BULELENG - Sukmawati Soekarnoputri akan pindah agama dari Islam ke Hindu. Pengucapan ikrar akan digelar di Bale Agung, rumah asal neneknya di Singaraja, Bali, Selasa 26 Oktober 2021.

Bale Agung merupakan kediaman Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, ibunda Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno. Lokasinya terletak di Jalan Mayor Metra, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan Singaraja, Buleleng.



Keluarga besar Bale Agung mulai melakukan persiapan, Sabtu (22/10/2021). "Persiapan tempat sudah. Sudah dihias semua," kata Jro Made Arsana, penglingsir Bale Agung.

Persiapan Bale Agung Rumah Ibu Bung Karno Tempat Sukmawati Mengucap Ikrar Memeluk Hindu


Dia menjelaskan, nantinya Sukmawati akan mengucapkan ikrar memeluk Hindu dalam ritual Sudhi Wadani atau pindah agama. Ikrar diucapkan di depan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan para saksi.



Pengucapan ikrar dilangsungkan tepatnya di Bale Gede, salah satu rumah di kompleks Bale Agung. Dulunya, rumah berukuran 3X3 meter itu merupakan kediaman sehari-hari Srimben.

Persiapan Bale Agung Rumah Ibu Bung Karno Tempat Sukmawati Mengucap Ikrar Memeluk Hindu


Arsana mengisahkan, saat masih kecil, seluruh anak Bung Karno sering datang ke Bale Agung. "Dia (Sukmawati) datang ke sini bersama Mega, Rahma, Guntur dan Guruh. Sukma sering belajar menari," tuturnya.

Terakhir kali, Sukmawati datang ke Bale Agung dua minggu lalu, tepatnya saat hari suci Tumpek Landep. "Dia datang karena ada upacara di sini," imbuhnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)