Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Ini Ritual yang Harus Dijalani

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 07:55 WIB
loading...
Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Ini Ritual yang Harus Dijalani
Sukmawati Soekarnoputri, putri presiden pertama Soekarno bakal pindah agama dari Islam ke Hindu dan menjalani ritual Sudha Wadani. Foto/Reuters
A A A
DENPASAR - Sukmawati Soekarnoputri , putri presiden pertama Soekarno bakal pindah agama dari Islam ke Hindu . Sebelum sah jadi pemeluk Hindu, Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual Sudha Wadani.

Ritual akan dilangsungkan Selasa (26/10/2021). "Kalau di Islam, seperti kalimat syahadat," kata Anggota DPD RI Arya Wedakarna, Jumat (22/10/2021).

Ritual Sudha Wadani menjadi salah satu syarat penting yang harus dijalani seseorang ketika akan memeluk Hindu. Upacara ini bisa dimaknai pengesahan janji seseorang menganut agama Hindu.



Wedakarna dipercaya Sukmawati untuk menyiapkan prosesi itu. Upacara sakral itu akan digelar di kediaman asal Nyoman Rai Srimben, ibunda Bung Karno, di Jalan Mayor Metra, Singaraja, Buleleng.

Rumah Nyoman Rai Srimben berada di Kawasan Sukarno Heritage. Di rumah itu, Sukmawati akan menjalani ritual Sudha Wadani di Bale Agung. "Bale Agung ini adalah tempat leluhur Ibu Sukmawati," ungkap Wedakarna.

Dia memaparkan, sebelum Sudha Wadani, ada rangkaian prosesi yang akan dilakukan Sukmawati. "Ada melukat dulu, larung sesaji, kemudian tanggal 26 acara puncak," jelasnya.



Setelah ritual Sudha Wadani selesai, acara akan dilanjutkan di Istana Tampaksiring di Gianyar. "Akan ada resepsi dan juga acara karena bertepatan dengan ulang tahun ke 70 Ibu Sukmawati," tutup Wedakarna.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3167 seconds (0.1#10.140)