BMKG Sebut Sejumlah Daerah di Jatim Rasakan Gempa Bumi

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 10:27 WIB
BMKG Sebut Sejumlah Daerah di Jatim Rasakan Gempa Bumi
Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5, 3 yang berpusat di Kabupaten Malang juga dirasakan oleh sejumlah wilayah di Jawa Timur. (Ist)
A A A
MALANG - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5, 3 yang berpusat di Kabupaten Malang juga dirasakan oleh sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Warga Nganjuk Abdul Latif menyatakan merasakan getaran gempa selama beberapa detik kendati tak cukup kencang. "Terasa cukup kencang getarannya meski sebentar," kata dia, melalui pesan singkatnya pada MNC Portal, pada Jumat pagi (22/10/2021).

Sementara itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno menyebut, sejumlah daerah di Jawa Timur merasakan getaran dengan kekuatan berbeda-beda.Pihaknya mencatat getaran III-IB MMI dirasakan oleh masyarakat di Blitar, bila pada siang hari dirasakan oleh banyak orang dalam rumah.

"Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu," kata Bambang melalui keterangan tertulisnya.



Selanjutnya wilayah Kabupaten Pacitan merasakan getaran dengan kekuatan II MMI, dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Baca: Jumat Legi Malang Raya Diguncang Gempa Bumi, Warga Sampai Gemetaran.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tukasnya.

Sebelumnya dari catatan BMKG gempa berkekuatan Magnitudo 5,3 SR terjadi pada pukul 09.21 WIB. Gempa berpusat di koordinat 8,84 LS, 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 33 kilometer dari permukaan air laut. Baca Juga: BREAKING NEWS! Gempa M=5,3 Guncang Malang Raya, Warga Berhamburan Keluar Rumah.
(nag)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1047 seconds (10.55#12.26)