Dinas Perpustakaan Makassar Kembangkan Layanan Berbasis Online

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:50 WIB
loading...
Dinas Perpustakaan Makassar Kembangkan Layanan Berbasis Online
Dinas Perpustakaan Makassar kembangkan layanan berbasis online. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Dinas Perpustakaan Kota Makassar mulai berbenah. Pelayanan berbasis online mulai dikembangkan di tengah p andemi COVID-19 . Tujuannya, menjamin kegiatan pembinaan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca terus berlanjut.

Sebuah studio mini akan hadir di Perpustakaan Umum Kota Makassar. Studio ini rencananya akan digunakan untuk mendukung berbagai program kegiatan Dinas Perpustakaan berbasis online.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Siswanta Attas menyampaikan, layanan berbasis online ini sebagai pendamping kegiatan tatap muka yang selama ini dijalankan sehingga diharapkan program-program yang ada tetap berjalan seperti biasanya.



"Sebagian kegiatan akan diuji coba tahun ini dan rencananya akan mulai diterapkan tahun depan," tuturnya.

Dia menerangkan beberapa kegiatan yang dikembangkan secara virtual seperti dongkelor yakni program perluasan dongeng keliling, program khusus masakan yakni dapur pustaka oleh ibu-ibu relawan baca, serta talkshow duta baca.

Seluruh program tersebut akan disebarluaskan melalui media sosial. Bahkan tidak memungkinkan beragam kegiatan akan berkembang dengan pelibatan masyarakat sebagai wujud peran perpustakaan dengan layanan inklusi sosial.

"Dongkelor sekarang sudah tahap uji coba dan sudah disiarkan setiap Sabtu pagi," ujarnya.

Tidak hanya itu, kegiatan lomba-lomba pembudayaan kegemaran membaca juga rencananya akan dibuat digital. Seperti lomba bercerita yang rutin dilaksanakan setiap tahun, bisa melalui pengiriman video atau format lainnya jika pandemi COVID-19 terus berkelanjutan.

"Kita berharap agar tetap selektif untuk pengembangan layanan berbasis online agar nantinya tidak memberatkan pemustaka dalam mengakses internet dan kegiatannya betul-betul diikuti oleh masyarakat dan masyarakat senang dengan program-program perpustakaan," tutupnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)