Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku Barat Daya Gelar Lomba Mewarnai dan Membaca

Senin, 27 September 2021 - 14:18 WIB
loading...
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku Barat Daya Gelar Lomba Mewarnai dan Membaca
Ketua Tim Penggerak PKK Maluku Barat Daya Relly A. Noach saat memberi sambutan
A A A
TIAKUR - Menjelang dilantiknya Bunda Literasi Kabupaten Maluku Barat Daya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar lomba mewarnai tingkat TK/PAUD; lomba membaca nyaring tingkat SD, dan; lomba mengarang tingkat SMP. Kegiatan lomba digelar pada Rabu (22/9/2021) di Ruang Rapat Kantor Bupati Maluku Barat Daya.

Kegiatan yang mengusung tema 'Generasi Literat, Generasi Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Berprestasi' ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak.

Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pembangunan J. Titirloloby menyatakan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sementara menjalankan tugas dan fungsinya untuk menjadikan perpustakaan sebagai basis inklusi sosial.

"Membaca sering dianggap sebagai suatu kegiatan yang remeh dan tidak penting, ditambah lagi dengan maraknya dunia digital membuat sebagian orang lebih mudah tertarik pada media sosial dari pada membaca buku yang berisi ilmu pengetahuan," kata bupati.

Untuk itu budaya membaca harus dipupuk, dibina dan dimasyarakatkan. Minat membaca harus jadikan kegiatan rutin untuk melatih otak menyerap informasi terbaik dan benar. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan, karena dengan membaca buku orang dapat membuka jendela ilmu pengetahuan dan wawasan .

"Lomba yang diadakan merupakan stimulan bagi anak-anak untuk memacu minat membaca. Untuk itu diharapkan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dapat membangun sinergitas dengan dinas-dinas terkait termasuk Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Kab. MBD untuk mencerdaskan generasi Maluku Barat Daya," kata bupati.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Maluku Barat Daya Relly A. Noach dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba ini merupakan upaya Pemkab Maluku Barat Daya meningkatkan budaya literasi di sekolah dan masyarakat dalam kegiatan membaca dan menulis. Dia berharap semua pihak dapat membantu untuk menumbuhkan dan membangun minat membaca di kalangan anak-anak agar lebih cerdas. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8059 seconds (0.1#10.140)