2 Kuburan China Dibongkar Orang Misterius, Pelaku Diduga Ingin Ambil Harta Karun

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:22 WIB
2 Kuburan China Dibongkar Orang Misterius, Pelaku Diduga Ingin Ambil Harta Karun
Kondisi makam China di Bojonegoro yang dibongkar orang misterius untuk mengambil harta karun di dalamnya.Foto/Dedy Priyanto
A A A
BOJONEGORO - Kuburan China berumur puluhan tahun di Bojonegoro, Jawa Timur, dibongkar orang tak dikenal. Belum diketahui secara pasti motif pelaku menggali makam tersebut. Ada dugaan, pelaku ingin mengambil harta karun atau benda berharga dalam makam tersebut.

Ada dua kuburan di kompleks makam China (Bong China) Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Tuban yang digali. Lokasi makam tersebut berada di area persawahan yang jauh dari jalan umum atau permukiman warga. Jarang sekali kawasan tersebut dilewati orang, kecuali petani yang memiliki sawah di sekitar makam.

Baca juga: Nestapa Lembu Sora Mati sebagai Pemberontak Kerajaan Majapahit

Ada sekitar 20 makam warga Tionghoa di kompleks pemakaman yang sudah berusia 50 tahun ini. Salah satu yang digali adalah makam wanita bernama Tan Sam Liak alias Go Giang Nito yang meninggal 8 Agustus 1969 di usia 85 tahun. Satu makam lagi yang dibongkar tidak diketahui namanya.

Rasmadi, petani yang memiliki sawah tak jauh dari makam mengungkapkan, dirinya mengetahui kedua makam digali pada JJumat (16/10/2021) saat hendak ke sawah. "Saya kurang tahu kapan persisnya dibongkar," katanya.

Dia juga mengaku tidak tahu pasti kompleks pemakaman China ini ada. "Menurut saya umurnya sudah lebih dari 50 tahun," tambahnya. Dia juga kaget dan baru pertama kali ada peristiwa pembongkaran makam ini.



Kepala Desa Wotanngare, Yaci mendapatkan laporan dari warga pada Sabtu (16/10/2021) pagi. Menurutnya, status tanah tersebut berada di lahan milik Pemkab Bojonegoro.

Polisi pun turun tangan menyelidiki kejadian ini. Sementara di lokasi telah dipasang garis polisi.
(msd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1505 seconds (10.177#12.26)