Bekas Galian Tambang dan Pembuangan Sampah di Gresik Disulap Jadi Wisata Alam

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 02:29 WIB
Bekas Galian Tambang dan Pembuangan Sampah di Gresik Disulap Jadi Wisata Alam
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Desa Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Gresik, Jumat (15/10/2021). Foto/Ist
A A A
GRESIK - Bekas galian tambang baku kapur yang menjadi tempat pembuangan sampah di Desa Sekapuk, Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur mempu mendatangkan pendapatan setelah diubah menjadi destinasi wisata alam . Terobosan baru ini dilakukan oleh masyarakat desa setempat.

"Saya salut atas kreativitas dan inovasi dari perangkat dan warga Desa Sekapuk yang mampu melihat peluang dan potensi wilayah mereka. Sehingga bekas galian tambang dan sempat menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) bisa berubah menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi sumber pendapatan desa," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Desa Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Gresik, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Kunjungi Desa Adat Sade, Menko Airlangga Terpukau dengan Kain Tenun

Dia menjelaskan desa-desa di Indonesia mempunyai potensi luar biasa dalam mengembangkan pariwisata berbasis alam. Selama ini potensi-potensi tersebut belum diolah menjadi sebuah kekuatan karena minimnya kreativitas dan inovasi.



Oleh karena itu, desa-desa di berbagai wilayah terus didorong untuk berlomba mengali potensi wisata berbasis alam agar bisa menjadi sumber pendapatan asli desa.

"Kalau mau membuat desa wisata buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur, ini sampai anak cucu kita masih senang karena alami," katanya.

Ia menyatakan, Setigi merupakan desa wisata yang patut dicontoh oleh desa-desa lainnya karena memanfaatkan keindahan alam dan menjaga kearifan lokal setempat.

Baca juga: Pelaku Penganiayaan Ditembak hingga Koma, Warga Desa Balebo Blokade Jalan Utama Luwu Utara

Dengan manajamen pengelolaan yang bagus dari perangkat desanya, desa wisata Setigi mampu memberikan sumber pemasukan bagi kas desa.

Saat ini sedang dibangun desa wisata kedua milik Desa Sekapuk, yaitu Agrowisata Kebun Pak Inggih atau KPI yang di dalamnya terdapat Monumen Ratu Agro.
(shf)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1282 seconds (10.177#12.26)