Bina UMKM Naik Kelas, Airlangga Hartarto Bangun Komunitas Wirausahawan di Jabar

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 06:05 WIB
loading...
Bina UMKM Naik Kelas, Airlangga Hartarto Bangun Komunitas Wirausahawan di Jabar
Spanduk bergambar Airlangga Hartarto terpasang di tempat usaha Tauco Karunia Mandiri pasca pemiliknya, Nunung Anisah bergabung dengan UMKM usAHA. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak besar bagi dunia usaha, terutama para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ).

Salah seorang pelaku UMKM, Nunung Anisah (58) mengaku, sangat merasakan dampak pandemi. Pemilik usaha Tauco Karunia Mandiri di Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor itu mengungkapkan bahwa sejak pandemi melanda, tauco yang biasanya dia jajakan di pasar sepi pembeli.

Baca juga: Meriah, Kader se-Jabar Penuh Suka Cita Potong Tumpeng Rayakan HUT ke-7 Perindo

"Biasanya saya jual ke Pasar Ciawi, ke Pasar Bogor (Sukasari), sama ke warung-warung, tapi sekarang sepi," ungkap Nunung, Jumat (8/10/2021).

Sepinya pembeli mendorong Nunung bergabung dalam komunitas UMKM usAHA yang dibina oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Nunung mengaku, diajak bergabung oleh teman adiknya yang lebih dulu bergabung dan menjadi salah satu koordinator UMKM.

Nunung kemudian didaftarkan dalam program Pelatihan WirausAHA Maju dan mulai mengikuti pelatihan usaha, termasuk strategi pemasaran secara online melalui zoom. "Dari pelatihan, saya mendapat pengetahuan baru tentang cara pemasaran," kata Nunung.

Kini, spanduk bergambar Airlangga Hartarto nampak terpasang di tempat usahanya. Dalam spanduk, foto Airlangga Hartarto tertulis sebagai pembina UMKM usAHA. Selain foto Airlangga dan logo UMKM usAHA, spanduk juga bertuliskan pesan ajakan untuk belanja di UMKM dan nama warung/tempat usaha.

"Kalau usaha saya dipasang spanduk Pak Airlangga ya gak apa-apa, ada kebanggaan tersendiri. Ada nama usaha saya Karunia Mandiri, di sampingnya ada foto Pak Menteri Airlangga," ujarnya.

Nunung pun mengaku tak asing dengan sosok Airlangga Hartarto. Masih jelas di ingatan Nunung ketika dirinya hadir sebagai peserta seminar Industri Kecil Menengah (IKM) dimana Airlangga Hartarto yang kala itu menjabat Menteri Perindustrian membimbing para wirausahawan.

"Dulu saya aktif ikut seminar sama komunitas-komunitas UKM. Lupa itu tahun berapa, ketemu Pak Airlangga di Mall Botani Square, acara seminar IKM. Saya dengar pidato Pak Airlangga, katanya mau memajukan usaha-usaha kecil masyarakat," kenang Nunung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7123 seconds (0.1#10.140)