3 Stadion Megah Ini Terbengkalai Usai Dipakai PON, Nomor 2 Ada di Bandung

Kamis, 07 Oktober 2021 - 12:08 WIB
loading...
A A A
Saat penyelenggaraan PON, stadion ini kemudian menjadi acara pembukaan. Ada 35 ribu orang yang hadir dalam pembukaan PON yang menjadikan Jawa Barat sebagai juara umum itu. Usai PON, stadion itu kemudian menjadi markas Klub Persib Bandung

Stadion kemudian terawat karena hampir setiap bulannya digunakan untuk pertandingan Liga 1. Namun, setelah kejadian kematian seorang fans Persija pada 2017, stadion ini kemudian tak lagi digunakan. Stadion GBLA baru digunakan beberapa kali oleh Persib pada tahun berikutnya.

Kini, Stadion GBLA dibiarkan tak terawat, sejumlah rerumputan liar terlihat sudah tumbuh tinggi di kawasan itu. Lumut lumut pun terlihat ada di sejumlah stadion kebanggaan warga Bandung itu.

3. Stadion Palaran
Terakhir, ada Stadion Palaran. Saat awal dibangun, Stadion Palaran yang terletak di Kalimantan Timur bakal digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008. Stadion berkapasitas 60 ribu itu kemudian rampung dibangun pada 2006 dengan nilai Rp3 triliun.

3 Stadion Megah Ini Terbengkalai Usai Dipakai PON, Nomor 2 Ada di Bandung


Saat PON ke-17, stadion ini kemudian digunakan untuk pembukaan dan penutupan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun hadir dalam acara itu.

Usai PON, stadion ini kemudian digunakan untuk Klub Putra Samarinda menjalani Liga Super Indonesia pada 2014. Kemudian, di stadion ini juga digelar laga Timnas U-19 dengan Persisam Putra U-19.

Kini, kemegahan stadion yang dinyakini bertaraf internasional itu hanya tinggal kenangan. Fasilitas yang semestinya bisa dimanfaatkan, kini hanya tersisa beberapa bagian stadion kini tak terawat.

Sesekali masyarakat lokal menggunakan Stadion Palaran untuk pertandingan persahabatan antartim lokal. Begitu pun dengan rumput lapangan berjenis zoysia matrella yang dulu dibanggakan kini sudah tidak terlihat, bahkan rumput di atas lapangan sudah tidak dominan menutupi lapangan.

Termasuk lintasan tartan atletik delapan lajur mengelilingi lapangan utama juga sudah terlihat kusam. Begitu juga dengan papan skor digital berdiri tegap di utara stadion.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)