Tingkatkan Ekonomi Banten Selatan, Airin-Ade Siap Bangun Jalan Poros Desa

Rabu, 04 September 2024 - 20:55 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Banten...
Cagub Banten Airin Airin Rachmi Diany di sela-sela Silaturahim dan Sarasehan Kebudayaan di Lebak, Rabu (4/9/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LEBAK - Pasangan cagub dan cawagub Banten Airin Rachmi Diany -Ade Sumardi menekankan pentingnya pembangunan jalan poros desa di Banten selatan. Hal ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Airin mengatakan, ragam potensi ekonomi, sumber daya alam Banten selatan sangat potensial untuk dikembangkan. Jika dikelola dengan tepat akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah. Dari hasil kunjungan Saya di banyak desa Pandeglang, Lebak. Saya melihat ragam potensi ekonomi, budaya, sumber daya alam yg memungkinkan untuk dikembangkan. Saya yakin akan berdampak positif bagi masyarakat di sana," kata Airin di sela-sela Silaturahim dan Sarasehan Kebudayaan di Lebak, Banten, Rabu (4/9/2024).

Mantan wali kota Tangsel ini melanjutkan, sumber daya alam, budaya di Lebak dan Pandeglang luar biasa. Menurutnya salah satu proyeksi pengembangan adalah sektor pariwisata.

Saat ini pekerjaan rumahnya adalah infrastruktur pariwisata, termasuk jalan yang belum memadai. Oleh karenanya, pembangunan infrastruktur jalan, poros jalan desa harus menjadi prioritas pembangunan Banten ke depan.

Airin menilai, di tengah potensi pariwisata yang cukup banyak, tantangan Lebak dan Pandeglang adalah persoalan jalan rusak, problem aksesibilitas ke destinasi wisata. Berdasarkan data yang diterimanya, kondisi jalan mantap Pandeglang sebesar 68,51% dan Lebak 70,35%. Sementara kondisi jalan mantap kewenangan Banten sudah hampir tuntas sebesar 91,45%.

Dia memperkirakan, dibutuhkan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk memperbaiki jalan poros desa. “Perlu kebersamaan untuk memperbaiki persoalan jalan di daerah Kabupaten Lebak dan Pandeglang, terutama jalan poros desa,” ujarnya.

Pasangan Airin-Ade pada Pilkada Banten 2024 ini berharap program Pijar Banten (pemerataan infrastruktur dan wajah baru Banten). Program yang meningkatkan mantap jalan hingga jalur poros desa. Selain itu, konektivitas transportasi berbasi jalan, rel, pelabuhan, dan bandara secara merata.

“Kami berharap gagasan dan misi Kami yakni Pembangunan Infrastruktur Jalan, Poros Desa khususnya di wilayah Selama Banten dapat dilakukan," tandasnya.

Airin sendiri sudah sempat menunjungi berbagai objek wisata di Banten selatan. Di Lebak, Airin pernah mengunjungi Pantai Pulau Manuk hingga Sawara. Sementara di Lebak, Airin pernah menikmati indahnya Pantai Tanjung Lesung dan Carita.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8012 seconds (0.1#10.140)