Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Wisata Malam di Pasar Mama-Mama Papua, Gubernur Khofifah Borong Noken

loading...
Wisata Malam di Pasar Mama-Mama Papua, Gubernur Khofifah Borong Noken
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua.Foto/ist
JAYAPURA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua, Minggu (3/10/2021) malam, di sela kunjungannya ke Jayapura dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

Noken adalah tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. "Teman-teman saya banyak mengetahui saya ada di Jayapura. Beberapa di antaranya ada yang minta dibawakan oleh-oleh khas Papua,” kata Khofifah.

Baca juga: Pembangunan Menara 17 PWNU Jatim, Emil Dardak: Dukung Pusat Industri Halal

Tidak hanya noken, Khofifah juga memborong berbagai buah-buahan khususnya pisang kepok merah yang dijual para pedagang. Termasuk sarang semut dan balsem pala khas Papua Barat. Balsem yang termasuk bahan kosmetik itu memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Produk tesebut merupakan hasil kerjasama Badan usaha Milik Kampung (BUMK) di Fak-Fak, Papua Barat.



"Ini (aksi borong) merupakan upaya pemulihan perekonomian masyarakat serta menyemangati mama- mama penjual di pasar sini yang terdampak akibat pandemi COVID-19," ujarnya.

Di Pasar Mama-Mama Papua tersebut, Khofifah tampak begitu menikmati suasana pasar. Orang nomor satu di Jatim itu juga bercengkrama dan mengajak para pedagang berbincang dan membagi-bagikan kue Spikoe yang notabene adalah panganan khas Surabaya, Jatim. Kunjungan Khofifah ke Pasar Mama-Mama Papua ini bukan yang pertama.

Baca juga: Tak Lagi Eksploitasi Batu Karang, Warga Papua Kini Lebih Pilih Jaga Mangrove

“Setiap kali berkunjung ke Jayapura, dan wilayah Papua lainnya saya selalu menyempatkan diri untuk datang ke pasar mama- mama. Biasa saya cari pisang kepok merah yang manis gurih. Dulu kondisi pasar ini tidak seperti sekarang, jauh berbeda karena sudah diperbaharui sekitar 2 tahun belakangan," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pedagang Agustina Mote (51) mengaku senang barangnya dibeli Khofifah. Ia pun sempat tidak menyangka jika bisa bertatap muka langsung dengan Khofifah yang juga Mantan Menteri Sosial (Mensos) tersebut.

"Tadi Ibu Gubernur beli tas noken seharga Rp300.000 dan sarang semut seharga Rp100.000 Saya sangat senang karena hari ini belum ada pembeli. Setelah Ibu Khofifah datang, baru dapat uang. Lumayan Rp400.000," ungkapnya.



Senada, pedagang lainnya, Mama Susana (45) pun merasa bangga dan gembira karena barang dagangannya dibeli oleh Khofifah. Ia berharap, Khofifah bisa kembali berkunjung ke Pasar Mama-Mama Papua di lain waktu untuk membeli barang dagangannya. "Terima kasih ibu. Sudah beli disini. Semoga kesini lagi Ibu Khofifah," harapnya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top