Dinkes-PKK Kebut Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gowa

Rabu, 29 September 2021 - 23:08 WIB
loading...
Dinkes-PKK Kebut Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gowa
Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan usai meninjau Kebut Vaksin di Kantor Camat Somba Opu. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa menggelar 'Kebut Vaksinasi Covid-19' secara serentak di 18 kecamatan, Rabu, (29/09/2021). Hal itu dilakukan guna menggenjot cakupan vaksinasi , sekaligus membentuk kekebalan kelompok alias herd immunity di Gowa.

Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, Priska Paramita Adnan, menyampaikan masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi massal tersebut. Terbukti dari 500 dosis yang disiapkan di Kecamatan Somba Opu, ternyata ada 1.200 peserta yang ikut mengantre.



"Hari ini kita lakukan kebut vaksin serentak di 18 kecamatan dengan target 500 setiap titiknya, jadi total 9.000 masyarakat yang tervaksin. Namun jika melihat hasil peninjauan hari ini, Insya Allah melebih target," ungkap dia.

Ia mengaku vaksinasi tersebut juga menyasar ibu hamil dan ibu menyusui. Terlebih, pihaknya beberapa hari belakangan ini gencar melakukan sosialisasi bahwa ibu hamil di atas tiga bulan sudah bisa melakukan vaksinasi.

"Tadi ada juga beberapa ibu hamil yang datang karena kita sudah lakukan sosialisasi sebelumnya. Semoga kontribusi kita hari ini bisa membantu masyarakat dan menaikkan angka cakupan vaksinasi di Gowa," kata dia.

Salah seorang ibu hamil di Kecamatan Somba Opu, Megawati, mengatakan pihaknya berani melakukan vaksinasi Covid-19 karena sudah banyak informasi yang mengatakan bahwa vaksinasi tersebut aman bagi kandungan di atas tiga bulan.

"Awalnya ada perasaan takut tapi setelah membaca beberapa informasi di media sosial, ditambah penyuluhan dari pemerintah, Alhamdulillah sudah berani karena kandungan saya sudah mau masuk delapan bulan, artinya aman tapi tetap harus diperiksa oleh tim kesehatan sebelum vaksin," jelas dia.





Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naomi Octarina, mengapresiasi kerja-kerja PKK Gowa yang berhasil mendatangkan masyarakat hingga ribuan orang di satu titik. Menurutnya ini menunjukkan adanya kearifan pengurus PKK dalam mengekspos kegiatan kebut vaksin tersebut.

"Hari ini kita berkunjung di Maros dan Gowa. Alhamdulillah antusias masyarakat lebih banyak, mungkin karena pengurus PKK lebih aktif mengekspos tentang vaksin. Bahkan di Gowa ini dari informasi yang kita dapatkan sudah 1.500 pendaftar jadi peran PKK Kabupaten Gowa ini sangat besar terhadap masyarakat," tuturnya.

Selain itu, ia menyebutkan vaksinasi massal perlu terus dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam mencapai herd immunity.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)