Berkunjung di Asmat, Bupati Mappi Apresiasi Pembangunan Cukup Membaik

Sabtu, 25 September 2021 - 18:49 WIB
loading...
Berkunjung di Asmat, Bupati Mappi Apresiasi Pembangunan Cukup Membaik
Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu melakukan kunjungan ke Kota Agats, Kabupaten Asmat, Sabtu (25/9/2021).
A A A
AGATS - Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu melakukan kunjungan ke Kota Agats, Kabupaten Asmat, Sabtu (25/9/2021). Dalam kunjungan tersebut Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengaku kagum dan mengapresiasi pembangunan yang cukup membaik di kota berjuluk Kota Atas Lumpur tersebut.

"Kunjungan saya hanya sekadar silaturahim bersama sanak keluarga yang berada di Asmat," ujar Kristosimus yang datang bersama keluarga.

Orang nomor satu di Kabupaten Mappi tersebut memang memiliki banyak keluarga dan teman-teman dekat yang tinggal di Asmat. "Saya berkunjung ke Asmat bukan pertama kali , tetapi sudah ketiga kalinya datang di kota ini," ujarnya.

Selama di Kota Agats Bupati Mappi sempat berkeliling di sejumlah ruas jalan di Kota Agats, termasuk singgah di Museum Agats yang menyimpan situs sejarah dan kreatifitas masyarakat Asmat, seperti anyaman dan ukiran.

"Asmat saat ini sudah sangat luar biasa, saya sangat memberi apresiasi atas kelancaran pembangunan di kota ini.
Salah satu contohnya di Kota Agats, dulunya jalan hanya bermodalkan kayu. Sekarang semua ruas jalan di Kota Agats berkonstruksi beton, termasuk di sejumlah distrik," tuturnya.

Menurut Bupati Mappi, Kabupaten Asmat memang perlu diperhatikan Pemerintah Pusat. Karena bila hanya berharap APBD, pasti cukup berat mengingat geografisnya yang tidak mudah.

Ke depan wilayah selatan Papua akan dibentuk provinsi baru, Provinsi Papua Selatan, pemekaran dari Provinsi Papua. "Hal ini cukup baik, sehingga mampu mengurus dan mempercepat pembangunan pada daerah tertinggal di selatan Papua, salah satunya di Asmat," katanya.

Kabupaten Mappi termasuk di dalam empat kabupaten yang akan masuk ke Provinsi Papua Selatan. "Saya berharap, Kabupaten Mappi, Asmat, Boven Digoel, dan Merauke harus maju pembangunannya seperti daerah lain di Papua," ujarnya.

Menurutnya, yang pasti dibutuhkan sinergitas antarempat kabupaten menuju pemekaran Provinsi Papua Selatan berjalan baik dan komunikatif. "Maka harapan dan doa untuk kehadiran PPS akan lebih optimal untuk mengejar ketertinggalan pada empat daerah di wilayah selatan tersebut," ucapnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)