Geger Temuan Macan Tutul Jawa, Gunung Sanggabuana Jadi Taman Nasional

Jum'at, 24 September 2021 - 01:17 WIB
loading...
A A A
Menurut Dedi Mulyadi, penemuanmacantutuljawa tersebut diawali laporan terkaittemuan tim Sanggabuana Wildlife Expedition yang telah melakukan penelusuranmacantutuljawa di hutan Gunung Sanggabuana sejak Juli 2020 lalu kepada Komisi IV DPR RI.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Dedi kemudian memberikan dukungan kepada tim ekspedisi untuk memantau keberadaan hewan bernama latinPanthera pardus melas itu dengankamera perangkap.

Kamera perangkap dengan sensor gerak dan infra merah yang dipasang mantan bupati Purwakarta dan tim Sanggabuana Wildlife Expedition ini ternyata berhasil merekammacantutuljawa.



Selain merekammacantutuljawa, sejumlah kamera perangkap yang dipasang juga berhasil merekam musang, babi hutan, hingga rusa serta masyarakat yang berkegiatan di dalam hutan.

"Kita sengaja memasang kamera perangkap ini untuk membuktikan keberadaan satwa langka endemik jawa yang ada di gunung Sanggabuana," ujar Dedi, Senin (20/9/2021).

Leader Sanggabuana Wildlife Expedition yang juga peneliti satwa liar, Bernard T Wahyu Wiryanta mengatakan, tertangkapnyamacantutuljawa melalui kamera perangkap merupakan kabar yang menggembirakan.

"Ini bukan hanya berlaku untukmacantutuljawa saja, tetapi juga untuk elang jawa (Nisaetus bartelsi), owa jawa (Hylobates moloch) dan lutung jawa (Trachypithecus auratus). Empat spesies satwa endemik jawa ini banyak ditemukan di Sanggabuana, yang notabene bukan kawasan konservasi. Dan populasinya masih banyak," paparnya.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)