Program Pupuk Bersubsidi Kementan Tekan Biaya Produksi Petani Porang

Rabu, 22 September 2021 - 11:27 WIB
loading...
A A A
"Untuk harga dari Porang itu masih naik turun kisaran untuk per kilonya masih sekitar Rp7.000-Rp8.000, tergantung kita masukkan di pabrik mananya," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo agar terus mengembangkan industri porang dari hulu hingga hilir di Indonesia. Permintaan itu pun langsung direspons Syahrul dan jajarannya yang berkomitmen terus mengembangkan industri porang tanah air.

“Ada dua pilihan Bapak Presiden untuk didorong maksimal, antara lain komoditi porang dan yang kedua sarang burung walet. Hari ini, tentu saja seperti harapan Bapak Presiden, budi daya porang kita kembangkan,” ujar Syahrul.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerbitkan Peraturan Gubernur tentang Pengawasan Peredaran Benih Porang di wilayah setempat. Pergub yang dikeluarkan berisi larangan ekspor bibit porang. Dengan adanya peraturan tersebut, yang boleh diekspor hanya hasil panen atau olahan porang.

"Pelarangan ekspor bibit porang tersebut sebagai perlindungan agar tidak ada pihak yang mengeksploitasi bibit porang dan agar tanaman porang bisa dimaksimalkan penanamannya di dalam negeri," kata Khofifah
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)