Pemkab Bangka Dorong Pokdarwis Kembangkan dan Kelola Aset Daerah

Senin, 20 September 2021 - 13:18 WIB
loading...
Pemkab Bangka Dorong Pokdarwis Kembangkan dan Kelola Aset Daerah
Pemkab Bangka akan mendorong komunitas untuk mengembangkan dan mengelola aset di wilayahnya. Salah satunya Pokdarwis yang ikut mengelola dan mengembangkan aset wisata pantai
A A A
SUNGAILIAT - Sebagai upaya penyelamatan aset-aset milik pemerintah daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka akan mendorong komunitas untuk mengembangkan dan mengelola aset di wilayahnya. Salah satunya komunitas masyarakat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ikut mengelola dan mengembangkan aset wisata pantai.

Sebagaimana aset milik pemerintah daerah yang ada di Pantai Tanjung Batu, Kelurahan Jelitik Sungailiat, saat ini menjadi tujuan wisata baru yang mulai dikembangkan dan dikelola oleh Pokdarwis di wilayahnya.

Bupati Bangka Mulkan sangat menyambut baik apa yang telah diupayakan oleh masyarakat di sekitar lingkungan Teluk Uber tersebut. Menurut Mulkan, Pemkab Bangka akan mendukung kegiatan komunitas masyarakat dalam mengembangkan dan mengelola aset milik daerah ini.

“Ini tanggung jawab kita bersama dalam penyelamatan aset-aset daerah kita, dan kami pemerintah daerah sangat menyambut baik, apabila ada komunitas masyarakat yang ingin mengelola secara langsung terhadap aset aset daerah kita demi penyelamatan terhadap aset dan ini adalah salah satu yang dilakukan oleh Pokdarwis yang ada di Kelurahan Jelitik,” kata Mulkan dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama pembangunan musala di lokasi wisata Pantai Tanjung Batu, Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya, sampai saat ini banyak aset daerah milik pemerintah daerah yang belum dibangun. Peran serta komunitas sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah daerah dalam menjaga aset-aset tersebut.

Mulkan memaparkan bahwa salah satu tujuan lain dalam upaya mendorong kegiatan Pokdarwis ini adalah karena akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar aset tersebut. Selain itu tentu saja bermuara pada pendapatan asli daerah.

“Kegiatan komunitas masyarakat ini tentu saja akan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi kerakyatan yang ada di daerah kita. Dan tentu saja akan juga menambah pemasukan pendapatan daerah,” katanya.

Peletakan batu pertama musala ini adalah dalam upaya mengembangkan wisata pantai Tanjung Batu yang telah dikembangkan oleh Pokdarwis Lingkungan Teluk Uber. Bupati Bangka beserta rombongan hadir bersamaan dengan kegiatan Gowes Bangka Setara.

Turut Hadir dalam acara tersebut para kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, tokoh masyarakat dan agama di Kelurahan Jelitik. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5813 seconds (0.1#10.140)