Media China Sindir Kerusuhan di Amerika Serikat

Minggu, 31 Mei 2020 - 22:35 WIB
loading...
Media China Sindir Kerusuhan di Amerika Serikat
Pentagon mengumumkan peningkatan status siaga beberapa unit militer AS untuk berpotensi mendukung Minnesota yang saat ini sedang berjuang menghadapi kerusuhan. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Kerusuhan terus terjadi di Amerika Serikat (AS) . Kerusuhan ini sebagai akibat akibat kematian warga kulit hitam di tangan Polisi.

Media pemerintah China membidik pemerintah AS pada akhir pekan karena banyak kota di Amerika yang dicekam oleh protes dan kerusuhan hebat. Media itu membandingkan apa yang terjadi di Amerika saat ini dengan demo pro-demokrasi di Hong Kong.

Beijing telah lama geram oleh kritik dari negara-negara, terutama AS, atas penanganan protes pro-demokrasi yang mengguncang Hong Kong tahun lalu.

Ketika kerusuhan pecah di seluruh Amerika Serikat atas ketidaksetaraan rasial dan kebrutalan polisi setelah kematian pria kulit hitam tak bersenjata George Floyd dalam sebuah penangkapan, juru bicara pemerintah dan media pemerintah China melancarkan aksi serangan terhadap pihak berwenang Amerika.

"Ketua DPR AS Nancy Pelosi pernah menyebut protes kekerasan di Hong Kong 'pemandangan yang indah untuk dilihat.'...Politisi AS sekarang dapat menikmati pemandangan ini dari jendela mereka sendiri," tulis Hu Xijin, pemimpin redaksi tabloid nasionalis Global Times, pada hari Sabtu.

"Seolah-olah para perusuh radikal di Hong Kong entah bagaimana menyelinap ke AS dan menciptakan kekacauan seperti yang mereka lakukan tahun lalu," lanjut dia, seperti dikutip AFP, Minggu (31/5/2020).(Baca juga : Kerusuhan di Amerika Serikat Meluas, Pentagon Siagakan Militer )

China bersikeras bahwa "pasukan asing" yang harus disalahkan atas kekacauan di Hong Kong, tempat para demonstran pro-demokrasi—yang digambarkan oleh Beijing sebagai perusuh—telah berbaris dalam massa jutaan orang sejak Juni tahun lalu dan sering bentrok dengan polisi.

Beijing memicu kemarahan dan keprihatinan awal bulan ini dengan rencana untuk memberlakukan undang-undang tentang Hong Kong yang katanya diperlukan untuk melindungi keamanan nasional dan mengekang "terorisme", tetapi dikecam oleh aktivis pro-demokrasi dan negara-negara Barat sebagai upaya lain untuk mengikis kebebasan di kota tersebut.

Menyusul pengumuman Presiden AS Donald Trump bahwa dia akan mencabut hak istimewa khusus Hong Kong, sebuah komentar yang diterbitkan pada hari Minggu di China Daily—corong Partai Komunis China—mengatakan politisi-politisi AS bermimpi "mengorbankan" China.

"Lebih baik menyerah (untuk) mimpi itu dan kembali ke kenyataan," tulis media tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5037 seconds (0.1#10.140)