Gubernur Kalteng Melakukan Pemantauan Banjir Melalui Udara

Jum'at, 17 September 2021 - 22:49 WIB
loading...
Gubernur  Kalteng Melakukan Pemantauan Banjir Melalui Udara
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran melakukan pemantauan melalui udara terhadap titik- titik banjir yang masih terendam dan masih terisolir wilayah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Katingan, Jumat sore (17/9/2021).
A A A
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melakukan pemantauan melalui udara terhadap titik- titik banjir yang masih terendam dan masih terisolir di wilayah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Katingan, Jumat sore (17/9/2021).

Dalam pemantauan tersebut, Gubernur memverifikasi laporan dan informasi yang masuk dari Pemerintah Kabupaten, Kepala Desa maupun masyarakat. Di Wilayah Katingan, Gubernur bersama tim melakukan dokumentasi berupa pengambilan foto dan video untuk memastikan wilayah desa yang masih terendam banjir dan tidak dapat dilalui melalui jalur darat.

Berdasarkan hasil pemantauan udara, secara garis besar untuk situasi banjir mulai terkendali dan mulai surut, nampak ada beberapa aktifitas yang terlihat sudah berjalan. Namun terdapat beberapa titik yang masih terendam banjir cukup tinggi seperti Daerah Kamipang, Payawan dan Mendawai. Saat ini, dapur umum yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi masih beroperasi untuk melayani masyarakat setempat.

Selain itu, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir khususnya yang belum mendapatkan bantuan, pada 17 September 2022 akan dipastikan distribusi lanjutan akan dilakukan. Bantuan bagi korban banjir di bawa oleh BPBPK dan Dinas Sosial Prov Kalteng serta melibatkan relawan, kepolisian dan TNI dalam pendistribusian bantuan.

Gubernur mengharapkan masyarakat yang terdampak banjir di daerah yang susah terjangkau untuk dapat bersabar dan menunggu bantuan. Rencanannya bantuan akan didistribusikan secara masif dan door to door ke lokasi masing-masing.

“Jangan sampai masyarakat ada yang kelaparan dan terlantar, Pemerintah harus hadir paling depan pada saat musibah terjadi seperti ini” kata Sugianto Sabran saat melakukan pemantauan udara.

Untuk mempercepat proses penyaluran bantuan, Gubernur meminta dinas terkait untuk tidak menunda atau menahan bantuan yang akan disalurkan sehingga semua warga dapat terlayani dengan tepat waktu dan tepat sasaran, terlebih dalam masa pandemi ini diharapkan tetap menerapkan prokes untuk meminimalisir munculnya cluster baru di lokasi banjir.

“Melalui pemantauan udara ini, dapat dipetakan wilayah yang sulit dijangkau melalui darat, yang berdampak pada sulitnya distribusi bantuan, dengan demikian Pemprov akan mengambil langkah dan startegi dalam pendistribusian bantuan, agar cepat sampai ke sasaran “ ujarnya. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9173 seconds (0.1#10.140)