Komplotan Penjual dan Pembeli Online Shop Fiktif Diringkus, 4 Bulan Operasi Raup Rp400 Juta

Rabu, 15 September 2021 - 17:13 WIB
loading...
Komplotan Penjual dan Pembeli Online Shop Fiktif Diringkus, 4 Bulan Operasi Raup Rp400 Juta
Komplotan Penjual dan Pembeli Online Shop Fiktif Diringkus, 4 Bulan Operasi Raup Rp400 Juta
A A A
SERANG - Ditreskrimsus Polda Banten berhasil mengungkap komplotan penjual dan pembeli online shop fiktif yang beroperasi selama 4 bulan dan meraup keuntungan Rp400 juta. Empat orang tersangka berhasil diamankan.

Dirreskrimsus Polda Banten Kombes Pol Dedi Supriyadi, mengatakan berdasarkan laporan polisi pada 27 Agustus 2021, penyidik mengungkap 4 pelaku tindak pidana perdagangan dan ITE.

"Dari hasil ungkap kasus tersebut, kami berhasil mengamankan empat orang diduga pelaku tindak pidana perdagangan dan ITE dengan inisial BDK (34) pemilik toko seluler, BBK (35) pemilik toko seluler, HM (47) pemilik toko seluler dan AT (35) pemilik toko pompa," kata Dedi saat press conference di Aula Bidhumas Polda Banten, Rabu (15/9/2021).



Mereka ditangkap di empat toko yang ada di Jalan Raya Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang pada Kamis 27 Agustus 2021 lalu.

Dedi Supriyadi juga mengatakan, modus operandi para pelaku yang juga sebagai pemilik toko membuat akun jualan online disalah satu e-commerce marketplace.

"Mereka membuat akun di salah satu e-commerce marketplace dengan seolah-olah jual produk tertentu dan menciptakan pembeli fiktif dengan promo cashback serta penjual dan pembeli adalah sindikasi," ucapnya.



Hal itu dilakukan para pelaku demi mendapatkan poin cashback, poin yang didapat dikumpulkan untuk ditukarkan poin dengan produk riil, adapun barang yang dikirim para pelaku dengan pembeli fiktif.

Barang-barang tidak sesuai dengan apa yang mereka jual. Di antaranya seperti melakukan penjualan handphone, namun yang dikirim kotak biskuit dalam bungkusan sehingga terkesan transaksi berjalan normal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)